PDAM Tirtamarta Launching AirJogja, Air Minum Kemasan Menyehatkan

Jetis-Perumda Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Yogyakarta secara resmi meluncurkan produk air minum dalam kemasan miliknya yang diberi nama 'AirJogja'.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo yang didampingi oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi dan Direktur Utama Perumda PDAM Tirtamarta, Majiya.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Wali Kota Yogya sangat menyambut baik dan mengapresiasi produk 'AirJogja' milik PDAM Tirtamarta. Menurutnya dengan diluncurkannya produk tersebut menandakan PDAM Tirtamarta terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat.

“Ini bukan hanya sekadar produk yang  dapat memberikan profit untuk perusahaan, akan tetapi juga menjadi sebuah bentuk pelayanan perusahaan kepada masyarakat,” katanya di Kantor PDAM Tirtamarta, Sabtu (30/12/2023).

Singgih menuturkan melalui peluncuran ini masyarakat dapat mengetahui bahwa produk 'AirJogja' telah mengantongi izin BPOM. "Jadi secara keamanan pangan sudah memenuhi persyaratan. Sehingga bisa dikonsumsi secara luas," ujarnya. 

Pihaknya berharap 'AirJogja' dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Apalagi, lanjutnya, kapabilitas PDAM yang sudah teruji dalam menyediakan air bersih dan air minum sesuai standar kesehatan. 

Sementara itu Direktur Utama Perumda PDAM Tirtamarta, Majiya menjelaskan berbagai keunggulan 'AirJogja' yakni telah menggunakan sistem ozone untuk sterilisasi air sehingga bebas bakteri, virus, dan jamur.

“Langkah proses produksi air minum ini sangat ketat hingga mencapai 7 langkah yang meliputi proses pengelolaan air baku dengan penyaringan filter carbon dan filter cartridge agar air baku bebas dari kotoran,” paparnya.

Selain itu, air minum tersebut memiliki kandungan pH 8+ yang berperan menjaga keseimbangan ph dalam tubuh sehingga  dapat meningkatkan imunitas. 

"AirJogja juga memiliki kandungan Total Dissolved Solids (TDS) atau jumlah padatan yang terlarut dalam air kurang dari atau sama dengan 10 ppm. Semakin rendah nilal TDS maka semakin murni air tersebut," bebernya.

Air minum ini hadir dalam empat kemasan yakni kemasan gelas, botol 330 mililiter, 600 mililiter, dan galon.

"Untuk sasaran 'AirJogja' ini meliputi seluruh instansi Pemkot Yogya, masyarakat maupun wisatawan, termasuk hotel hingga restoran. Semoga masyarakat yang ada di Kota Yogya beralih dan memakai air minum ini," tuturnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat menyerahkan piagam PDAM Award kepada perwakilan pelaku usaha.

Dalam kesempatan tersebut juga digelar penyerahan penghargaan yang dibagi dalam tiga kategori. Kategori pertama yakni ketegori pelaku usaha yang optimal menggunakan air baku.

Penghargaan tersebut jatuh pada, Hotel Uniq, Khas Tugu Hotel, Fave Hotel Kusumanegara, Novotel Suites Yogyakarta, The 101 Hotel, H-boutique Hotel, Hotel Tentrem, RS Siloam, dan RSUP dr. Sardjito.

Untuk kategori kedua adalah penghargaan bagi pelaku usaha yang optimal dalam pembelian 'AirJogja' yang jatuh pada @HOM Premiere Timoho.

Ketiga adalah kampung yang memiliki pelanggan aktif PDAM Tirtamarta terbanyak. Penghargaan ini diraih oleh Kemantren Jetis di tiga kampungnya yakni Kampung Cokrodiningratan, Kampung Jetisharjo, dan Kampung Cokrokusuman. (Han)