Perpustakaan Kota Yogya Buka Pelatihan Kreasi Bunga Kering

Gondokusuman-Untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas masyarakat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogya kembali menggelar program inkubasi literasi. 

Kepala DPK Kota Yogya, Afia Rosdiana mengatakan program tersebut merupakan kegiatan peningkatan keterampilan berbasis perpustakaan. Kali ini tema yang diangkat adalah kreasi bunga kering. Dipilihnya tema tersebut lantaran bunga adalah salah satu aksesoris yang dapat menambah keindahan dan keasrian ruangan.

"Akhir-akhir ini bunga kering yang diawetkan popularitasnya mengalami peningkatan, meski terkesan sederhana namun bunga kering dapat menjadi rangkaian yang dapat menambah estetik ruangan," ujarnya Senin (8/1/2024).

Pihaknya menjelaskan program tersebut selain dapat menambah pengetahuan tentang pemanfaatan potensi lingkungan, juga akan menambah keterampilan bagi peserta. Dengan demikian, lanjutnya, bekal yang diperoleh dapat dikembangkan menjadi lahan bisnis sehingga masyarakat menjadi lebih berdaya.

"Mereka nantinya akan diberi pelatihan bagaimana cara mengolah bunga kering tersebut menjadi hiasan, cinderamata, maupun benda-benda lainnya. Hasil dari kreativitas peserta ini dapat menjadi karya yang unik, elegan, dan memiliki nilai jual yang tinggi,"ungkapnya.

Afia mengungkapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum Kota Yogya dengan usia minimal 13 tahun dan memiliki kartu tanda anggota (KTA) Perpustakaan Kota Yogya.

"Pendaftaran peserta diperuntukkan untuk masyarakat di Kota Yogya yang memiliki KTA dan belum pernah mengikuti kelas inkubasi sebelumnya," jelasnya.

Dengan adanya program tersebut, ia berharap perpustakaan dapat menjadi ruang berbagi pengalaman, ruang belajar kontekstual, dan ruang berlatih keterampilan.

"Perpustakaan tidak hanya sebatas sebagai tempat untuk membaca atau memberikan layanan peminjaman buku, lebih dari itu perpustakaan sudah menjadi tempat belajar berbagai bidang dan menyasar masyarakat umum," ujarnya.

Para peserta saat mengikuti program inkubasi literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogya.

Sementara itu penanggung jawab kegiatan tersebut, Putri Ayu Supardi mengatakan program ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 19 Januari 2024 mulai pukul 13.00-14.30 WIB di Perpustakaan Kota Yogya Jalan Suroto No. 9 Kotabaru. 

"Untuk kegiatan inkubasi bulan ini dilaksanakan dalam 2 pertemuan, tanggal 12 akan diberikan pelatihan teknik mengeringkan bunga dan pewarnaan bunga, dan akan kami beri contoh beberapa hasil kerajinan dari bunga kering. Sedangkan tanggal 19 akan diberi pelatihan membuat beberapa kreasi dari bunga kering bisa dalam bentuk hiasan dinding, hantaran pengantin, bando, dan sebagainya," jelasnya.

Untuk kuota pesertanya maksimal 10 orang dan pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Peserta juga diwajibkan membawa vas bunga atau botol kaca, serta gelas kaca.

"Tiap bulan temanya selalu berganti-ganti dan respon masyarakat sangat baik. Setiap bulannya pasti kuotanya terpenuhi, bahkan sampai melebihi dari jumlah kuotanya. Peserta pelatihan biasanya beragam, mulai dari anak-anak, ibu-ibu, dan anak muda," bebernya.

Bagi masyarakat yang tertarik mengikuti program ini dapat mendaftar melalui link berikut http://bit.ly/inkubasi_jan24. (Han)