Pandora Mudahkan Jadi Anggota Perpustakaan Kota Yogya

GONDOKUSUMAN - Kini pelajar, mahasiswa maupun masyarakat Kota Yogyakarta bisa menikmati layanan Pendaftaran Anggota Online Perpustakaan Kota Yogyakarta (PANDORA) yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta melalui online.

Dengan layanan Pandora, diharapkan pendaftaran anggota perpustakaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini disampaikan oleh Penelaah Teknis Kebijakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Bram Putra Perdana pada hari Selasa (23/1).

“Dengan adanya pandora ini ditujukan untuk memperluas akses pendaftaran bagi masyarakat. Sehingga pendaftaran menjadi anggota perpustakaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat,”jelas Bram saat diwawancarai di ruang kerjanya. 

Dengan layanan Pandora, masyarakat tidak perlu lagi mendaftarkan kartu anggota perpustakaan secara manual. Cukup menggunakan website perpustakaan, langsung bisa meminjam buku yang ada di perpustakaan kota.

Pihaknya mengatakan, ada persyaratan jika ingin membuat kartu anggota perpustakaan, bagi masyarakat umum minimal di usia 17 tahun keatas dan memiliki KTP dan berdomisili di Kota Yogyakarta.

 

Untuk mahasiswa bisa mendaftar dengan memiliki KTP dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Sedangkan pelajar minimal memiliki KIA atau KK dan merupakan pelajar di sekolah yang berada di wilayah DIY dibuktikan dengan Kartu Pelajar mereka.

 

Selain itu, untuk cetak kartu dan aktivasi, Bram mengungkapkan, hanya bisa dilayani di Perpustakaan Kotabaru Jalan Suroto no 9 Kotabaru dan Perpustakaan Pevita yang berada di Jalan Mayjend Sutoyo No 32 Yogyakarta.

 

“Untuk mencetaknya, mereka bisa menunjukkan bukti pendaftaran anggota perpustakaan Kota Yogyakarta dengan mencetak/screenshot/foto bukti pendaftaran dan diserahkan ke petugas. Nantinya setelah memiliki kartu anggota ini mereka bisa langsung meminjam buku yang ada di perpustakaan,”ujarnya.

 

Setelah mendapatkan kartu anggota, pihaknya mengajak agar saat mengunjungi perpustakaan para anggota selalu membawa kartu anggotanya. Selain itu, kartu anggota tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain.

 

Ia menambahkan, sebelumnya kartu anggota perpustakaan dalam pendaftarannya hanya bisa dilakukan dengan offline langsung datang ke perpustakaan kota. 

Diharapkan dengan adanya pandora, akan menambah minat baca di warga Kota Yogyakarta.

Oleh karenanya, dengan layanan Pandora dapat mempermudah pemustaka dan masyarakat meminjam koleksi buku di perpustakaan kota. “Dengan adanya layanan Pandora secara online, kapan saja dan dimana saja bisa mendaftar dengan cara membuka website resmi perpustakaan. Semua layanan yang kita berikan ini gratis sesuai dengan zona integritas,”ungkapnya.

 

Walaupun sampai saat ini jumlah anggota kartu perpustakaan mencapai 70.869 pihaknya berharap jumlah anggota perpustakaan melalui layanan pandora ini bisa ditingkatkan. Sehingga layanan pandora bisa lebih mempermudah untuk pemustaka atau masyarakat yang ingin meminjam buku di perpustakaan kota.

 

Salah satu pengunjung perpustakaan kota, Larasati mengungkapkan, baru mengetahui adanya pembuatan kartu anggota secara online. “Baru pertama kali ke perpustakaan kota ini, ternyata bisa melalui online pembuatan kartu anggotanya. Semoga perpustakaan kota semakin banyak inovasinya agar banyak masyarakat senang dan betah membaca disini,”ujarnya. (Hes)