Nilai Heritage Kawasan Premium Kotabaru Datangkan Wisatawan

GONDOKUSUMAN -  Kelurahan Kotabaru mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan di Balai Gotong Royong Kotabaru, Rabu (24/1).

Dinama salah satu fokus utama musrembang tingkat kelurahan tahun 2024 untuk pelaksanaan tahun 2025 adalah pada kawasan premium di Kotabaru.


Pada kesempatan tersebut Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo ikut menghadiri Musrenbang Kelurahan Kotabaru. “Wilayah Kotabaru ini fasilitasnya sangat lengkap. Sehingga rencana pembangunan tata kelola di Kotabaru sangat bagus prospeknya ke depan yang bisa dimanfaatkan oleh warga setempat dan akan banyak mendatangkan wisatawan,”jelas Singgih.

Menurutnya, Kawasan di Kotabaru adalah kawasan yang komplit dan memiliki nilai heritage yang menjadi bagian branding Kotabaru dengan mengandung empat  ideologi yaitu Heritage, Garden city, Premium, dan Malam hari.

Singgih berharap, dengan kesepakatan pada Musrenbang ini, seluruh warga Kelurahan Kotabaru dapat menjalankan pembangunan di wilayah secara gotong royong sehingga dapat menjadikan kawasan Kotabaru yang lebih baik ke depannya.

“Yang terpenting adalah inklusi pelayanan publik yang diunggulkan. Sehingga pelayanan seperti pada lansia, ibu hamil, disabilitas sesuai dengan apa yang diharapkan,”ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo berdiskusi bersama pada kegiatan Musrenbang Kelurahan Kotabaru.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Kotabaru Urai Herman mengungkapkan, pada musrenbang kali ini beda dengan musrenbang sebelumnya yang merupakan hasil final musyawarah bersama bersama perwakilan warga dari 20 RT dan 5 RW di wilayah Kelurahan Kotabaru.

Pihaknya optimis bahwa kawasan premium di Kotabaru akan menjadi peluang perubahan pembangunan di Kota Yogyakarta selain di kawasan Pakualaman dan kawasan Kotagede yang menjadi fokus pembangunan pemerintah.

“Ini tantangan kita bersama agar bisa menyelaraskan perkembangan di Kota Yogyakarta. Sehingga dapat menciptakan kawasan Kotabaru nyaman huni dan aman,"ujarnya.

Selanjutnya, pada Musrenbang tersebut Ketua LPMK Kotabaru Sugiarto berharap, dengan finishnya Musrenbang tahun 2024 untuk tahun 2025 ini tidak hanya menjadi keinginan namun menjadi sebuah kebutuhan bersama untuk memajukan kawasan di Kotabaru semakin maju dan lebih baik.

“Semoga dengan musrenbang ini ada skala prioritas dan asas manfaat yang berdampak besar bagi masyarakat di Kotabaru,”ungkapnya. (Hes)