Jumlah TPS Terbanyak, Kemantren Umbulharjo Selesai Rekapitulasi Pemilu 2024

UMBULHARJO - Kemantren Umbulharjo menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan. Rapat pleno dilakukan di kantor Kemantren Umbulharjo, Jumat (23/2).

Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. Ia mengatakan, Kemantren Umbulharjo memiliki jumlah TPS terbanyak di Kota Yogyakarta yakni mencapai 220 TPS.

Singgih mengatakan, sangat berterimakasih dan mengapresiasi kinerja baik dari pengawas, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bahkan Satlinmas yang tergabung dalam kegiatan Pemilu 2024.

Puluhan warga yang terdiri dari PPK, KPPS dan pengawas di 220 TPS mengikuti Rapat Pleno Rekapitupasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kemantren Umbulharjo, Jumat (23/2).

“Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi kinerja tim Pemilu 2024 di Kemantren Umbulharjo. Saya bangga warga Kemantren Umbulharjo menjalankan kegiatan Pemilu 2024 dengan damai. Semoga kerjasama ini terus berlangsung,”jelasnya.

Diketahui Singgih Raharjo yang merupakan warga Kelurahan Tahunan juga menggunakan hak suaranya di TPS 07 di Kelurahan Tahunan, Umbulharjo yang berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 lalu.

Ia berharap, suasana memanas selama Pemilu 2024 akan segera mereda dan petugas KPPS menjalankan tugas dengan lancar sesuai yang diinginkan. 

“Saya memahami, suka duka serta rasa capek ini sudah dilalui bersama. Saya sangat berterimakasih atas kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas semua petugas. Sehingga tuntas sudah tanggung jawab semuanya,”ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyempatkan melihat situasi pemindahan kotak suara ke enam truk yang akan di bawa ke KPU Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufiq mengungkapkan, karena jumlah TPS yang ada di wilayahnya merupakan yang paling banyak. Dalam pelaksanaan penghitungan suara memerlukan waktu hingga tujuh hari lamanya yakni mulai pada tanggal 14 - 23 Februari 2024.

Sebab, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kemantren Umbulharjo mencapai kurang lebih 53.000 orang. Sedangkan, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 1.000 orang. Sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang dalam menghitung suara pada Pemilu 2024.

“Malam ini dihadiri saksi dari calon presiden, saksi legislatif dan saksi dari perwakilan TPS yang ada di Kemantren Umbulharjo. Dimana pada Pemilu 2024 tingkat partisipasinya mencapai 90 persen,”jelas Taufiq saat diwawancara seusai acara.

Terlihat petugas bergotong royong memindahkan kotak suara dari ratusan TPS ke truk.

Pihaknya menambahkan, setelah dilakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan, data tersebut akan dikumpulkan dan kemudian di rekapitulasi oleh KPU Kota Yogyakarta.

Saat ditemui seusai acara, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Yogyakarta Agus Muhamad Yasin mengungkapkan, KPU Kota Yogyakarta akan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 901 dan TPS 902 yakni di Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan, Gunungketur, Pakualaman serta Pemungutan Suara Ulang di TPS 32 Pakuncen, Wirobrajan.

Rapat diakhiri dengan penandatangan berita acara oleh seluruh petugas yang bertanggungjawab atas kegiatan Pemilu 2024
​​​​​

 

Dimana dari hasil pengawasan dari Panwaslu, terdapat ketidaksesuaian hak suara yang didapatkan oleh pemilih dengan kategori Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) diwilayah tersebut.

“Untuk rekapitulasi di tingkat Kota Yogyakarta akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2024. Selain itu, juga ada tiga titik yang akan melaksanakan pemungutan suara ulang. Sehingga harapannya berjalan dengan lancar dan mohon kerjasamanya,”ungkapnya. (Hes)