149 ASN Pemkot Yogya Ikuti Pembekalan Purna Tugas

 

Umbulharjo - Masa purna tugas atau pensiun merupakan hal yang akan dilalui bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kesiapan dalam memasuki masa tersebut tentu harus dipersiapkan dengan matang, termasuk mental. 

 

Hal tersebut disampaikan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo pada acara pembukaan pembekalan calon purna tugas Pemerintah Kota Yogyakarta periode 1 Mei - 1 Oktober 2024 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta, Rabu (28/2).

 

“Memasuki masa purna tugas itu harus diterima karena semua termasuk saya juga akan mengalaminya. Masa purna tugas harus dipersiapkan dengan matang, nanti kita bisa mengisi masa tua dengan menghidupkan hobi-hobi lama yang mungkin dulu tidak sempat dilakukan karena harus bekerja,” tuturnya.

 

Singgih juga berpesan, bagi calon purna tugas yang ingin memulai bisnis setelah masa purna tugas untuk dipertimbangkan sebaik-baiknya, mulai dari pemahaman dan ilmu yang digunakan berbisnis hingga pengelolaan finansial.

 

“Yang punya hobi atau keterampilan bisa dikembangkan dan kalau bisa itu menghasilkan pendapatan. Sekarang jaman serba digital, bisa saja bapak dan ibu menjadi konten kreator, dari hobi atau keterampilan. Atau mengisi hari tua dengan aktif bersosial di lingkungan tempat tinggal,” ujarnya.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan arahan kepada calon purna tugas

 

Pada kegiatan pembekalan ini diikuti oleh 149 calon purna tugas, Pemerintah Kota Yogyakarta juga memberikan fasilitas keterampilan tematik diantaranya perkebunan, peternakan, perikanan dan tata boga.

 

Kepala Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta, Dedi Budiono mengungkapan kegiatan pembekalan bagi calon purna tugas merupakan salah satu bentuk apresiasi dan rasa terima kasih telah memberikan sebagian besar waktunya untuk mengabdi kepada Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

“Kita ingin memberikan apresiasi kepada mereka, kalau kita bicara memberikan pembekalan kesiapan sebetulnya mungkin sebagian besar mereka sudah siap bahkan sudah punya bekal keterampilan atau lainnya. Tetapi kita juga ingin menumbuhkan rasa bangga bagi mereka, yaitu merasa bangga pernah mengabdi di Pemerintah Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

 

Pihaknya juga berharap dengan kegiatan pembekalan ini semakin mempererat rasa kekeluargaan, yang selanjutnya silaturahmi akan terus terjalin baik sesama calon purna tugas maupun Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Yogyakarta, Wasesa bersama Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo

 

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Yogyakarta, sekaligus Plt Kepala BPKAD Kota Yogyakarta Wasesa mengungkapkan saat mengikuti pembekalan pihaknya memilih mengikuti pelatihan bidang peternakan. Pihaknya juga berpesan kepada ASN yang masih aktif untuk mengemban tanggung jawab sebaik baik mungkin.

 

“Kita harus terus bersemangat dalam bekerja, mau di bidang apa, jabatan apa, apapun pun pekerjaannya dikerjakan sebaik-baiknya. Mau umur masih muda atau sudah mendekati masa purna tugas harus memberikan kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karna kita ini kan pelayan masyarakat jadi harus sepenuh hati,” ujarnya. (Chi)