Atlet Kota Yogya Siap Ikuti POPDA DIY Tahun 2024

DANUREJAN - Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya bersama Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta Budi Santoso Asrori melepas atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY Tahun 2024 yang dilaksanakan di Halaman Dindikpora Kota Yogyakarta, Kamis (29/2).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya memberikan semangat serta doa kepada para atlet yang akan mengikuti POPDA DIY Tahun 2024 yang berlangsung pada tanggal 4-8 Maret 2024 di GOR Amongrogo Yogyakarta.

“Ajang kompetisi ini soal semangat, sportivitas dan optimisme. Sehingga semua atlet dapat membuktikan kemampuan yang ada. Karena olahraga bagian unsur sportifitas ini kunci atlet berprestasi,”jelas Aman saat sambutan.

Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyematkan pemakaian jaket kepada perwakilan atlet sebagai simbolis pelepasan kontingen untuk maju pada POPDA DIY Tahun 2024.

Pihaknya juga menyematkan pemakaian jaket sebagai simbolis pelepasan kontingen untuk maju pada POPDA DIY Tahun 2024.

Untuk diketahui kontingen Kota Yogyakarta akan mengikuti 27 cabang olahraga yaitu Atletik, Angkat Besi, Balap Sepeda, Catur, Judo, Karate, Kempo, Renang, Sepatu Roda, Bulutangkis, Panahan, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Bola Basket, Bola Voli, Panjat Tebing, Pencak Silat, Sepak Bola, Voli Pasir, Anggar, Bridge Gateball, Tarung Derajat, Tinju, Woodball, Hapkido, Wushu serta satu cabang olahraga eksebisi yaitu Hockey dari total 30 cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Semoga POPDA kali ini bisa menunjukkan prestasi lebih. Sehingga dapat mengharumkan nama baik sekolah masing-masing,”ungkapnya.

Ratusan atlet siap hadapi POPDA DIY 2024 yang akan diselenggarakan pada 3-4 Maret 2024 di GOR Cangkringan Water, Kulon Progo.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta Budi Santoso Asrori mengungkapkan, Tahun 2023 yang lalu Kontingen Kota Yogyakarta berhasil menjadi peringkat II (Dua) dengan perolehan medali 57 Emas, 69 Perak, 80 Perunggu. 

“Harapan kami pada POPDA DIY 2024 para atlet dapat tampil maksimal dengan kemampuan terbaiknya, sehingga dapat meraih medali emas yang akan mendongkrak posisi Kota Yogyakarta sebagai juara umum,”ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta Budi Santoso Asrori saat memberikan sambutan.

Pihaknya menambahkan, untuk memaksimalkan potensi para atlet, Dindikpora Kota Yogyakarta telah memfasilitasi latihan bagi para atlet Kontingen Kota Yogyakarta.

Selain itu, Kota Yogyakarta akan membawa jumlah atlet sebanyak 365 dan 47 Pelatih dengan total keseluruhan sebanyak 412 personil pada POPDA DIY Tahun 2024.

“Total 365 atlet ini telah melewati proses seleksi yang kita selenggarakan bekerja sama dengan Pengkot dari 27 cabang Olahraga di Kota Yogyakarta yang pelaksanaannya pada tanggal 3-7 Februari 2024,”jelasnya.

Ia berharap, para atlet tampil secara maksimal dan menjadikan Kota Yogyakarta meraih banyak prestasi. 

Perwakilan atlet Cabor Basket dari berbagai sekolah di Kota Yogyakarta.

Saat ditemui, salah satu atlet Cabor Basket yang mewakili SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta, Devita mengungkapkan, ini merupakan pertama kalinya mengikuti POPDA DIY. Pihaknya sangat antusias dan ikut bangga bisa mengikuti ajang POPDA DIY Tahun 2024.

Ia berharap, dengan segala upaya yang dilakukan dapat memberikan hasil yang terbaik dan menjadi juara.

“Baru pertama kali mengikuti POPDA DIY. Semoga bisa menjaga kesehatan, cukup tidur dan cukup latihan setidaknya dua kali sehari. Semoga bisa melakukan yang terbaik dan mendapatkan yang seharusnya kita dapat,”ungkapnya. (Hes)