Sambut Ramadan, Warga Kampung Celeban Bersholawat dan Berdzikir Bersama

Umbulharjo-Masyarakat Kampung Celeban, Kelurahan Tahunan, Kemantren Umbulharjo menyambut Ramadan dengan menggelar Celeban Berdzikir dan Bersholawat. Acara perdana ini digelar di lapangan keluarga besar Harjo Tumar, Sabtu malam (2/3/2024).

Ketua Panitia acara tersebut, Mochamad Tholib mengatakan selain untuk syiar juga untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Dalam sholawatan ini dipimpin oleh Habib Zaky Assegaf.

"Ini juga sebagai Ruwahan Kampung Celaban. Kegiatan ini untuk membangkitkan semangat masyarakat Kampung Celeban agar lebih meningkatkan nilai-nilai keagamaan dalam rangka menyambut bulan suci ramadan," katanya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat menghadiri acara Celeban Berdzikir dan Bersholawat.

Ia mengungkapkan rangkaian acara ruwahan tersebut dimulai dengan ziarah makam yang dilanjutkan dengan kerja bakti. "Ada dua makan di Kampung Celeban yakni makan utara dan makam selatan, bahkan warga non muslim pun ikut berziarah," jelasnya.

Sementata itu Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo sangat mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat baik dilaksanakan selain untuk meminta keselamatan kepada sang pencipta juga mempererat kekeluargaan baik dari keluarga maupun tetangga sekitar.

Singgih berharap dengan adanya acara tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta dapat mempererat kerukunan umat beragama.

"Saya berharap kegiatan ini selain bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta mempererat silaturahmi juga bisa lebih meningkatkan kerukunan umat beragama di Kampung Celeban," tutupnya. (Han)