Gerakan Tanam Cabai Serentak Peringati HKG PKK Ke-52

UMBULHARJO- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam gerakan tanaman (gertam) cabai PKK serentak nasional pada Senin (4/3/2024). Kegiatan itu untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 tahun 2024. Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung gerakan itu dengan memfasilitasi ratusan bibit tanaman cabai.

Gerakan menanam cabai di Kota Yogyakarta dilakukan di Taman Guyub Rukun RW 06 Kelurahan Semaki, Umbulharjo dan mengikuti acara gertam cabai PKK nasional secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan gertam cabai di Kota Yogyakarta diikuti TP PKK Kota Yogyakarta, Kemantren Umbulharjo dan Kelurahan Semaki bersama masyarakat Semaki. Lahan Kota Yogyakarta yang sempit, tidak menjadi halangan karena cabai bisa ditanam pada media polybag maupun pot.

“Harapan kami dengan adanya gerakan tanam cabai secara serentak bisa menekan harga cabai. Kalau setiap rumah minimal ada lima atau tiga pohon cabai, mudah-mudahan konsumsi untuk rumah tangga bisa dari mandiri,” kata Penjabat Ketua TP PKK Yogyakarta Atik Wulandari saat erakan gertam cabai PKK serentak Kota Yogyakarta.

Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta (tengah) Atik Wulandari menanam bibit cabai saat gerakan tanam cabai PKK serentak. 

Menurutnya harga cabai di pasaran terkadang bisa tinggi dan mahal. Sedangkan kebutuhan cabai untuk konsumsi rumah tangga seperti membuat sambal, cukup seperlunya. Oleh sebab itu dengan gertam cabai harapannya bisa memenuhi kebutuhan konsumsi cabai di rumah tangga masing-masing.

“Kalau bisa dikonsumsi dari halaman sendiri tentunya ibu-ibu tidak perlu membeli cabai di pasar. Itu akan menekan harga cabai di pasaran.  Kita juga akan menginisiasi di Kota Yogyakarta, setiap rumah ada tanaman cabai yang tersedia di halaman masing-masing,” terang Atik.

Sedangkan Pengurus Pokja 3 PKK Kota Yogyakarta yang mengampu bidang sandang, pangan, rumah sehat dan pengelola sampah, Winaryati menambahkan pada gertam cabai Kota Yogyakarta di RW 6 Semaki menanam sekitar 750 bibit tanaman cabai rawit. Selain di Taman Guyub Rukun RW 6 Semaki, tanaman cabai akan dibagikan ke masyarakat untuk ditanam di setiap rumah warga.

Pengurus TP PKK Kota Yogyakarta, Kelurahan Semaki, Kemantren Umbulharjo dan penggiat pertanian perkotaan di Kota Yogyakarta. 

“Tanaman cabai akan kita sebarkan di Kampung Semaki yang tujuannya nanti kampung ini akan mandiri pangan, terutama mandiri cabai. Tanaman cabai ini memang agak sulit. Tapi apabila dirawat baik dengan pupuk yang memadai, bisa hidup. Di tanam di mana saja asal perawatannya bagus, cabai bisa tumbuh dengan baik,” jelas Winaryati yang juga penyuluh pertanian masyarakat di wilayah.

Sementara itu Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq mengatakan untuk mendukung kegiatan gertam cabai PKK serentak Kota Yogyakarta di RW 6 Semaki, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Terutama dalam penyediaan bibit tanaman cabai dan media tanam. Ke depan selain cabai, di Taman Guyub Rukun RW 6 akan dikembangkan tanaman pangan berupa terong untuk mendukung dapur balita sehat guna mencegah stunting.

“Harapannya cabai akan ditanam di sepanjang jalan ini karena lokasi di Semaki ini kita siapkan untuk maju dalam lomba Aku Hatinya PKK tingkat Kota Yogyakarta tahun depan. Harapannya dirawat jangan sampai mati,” ucap Rajwan.(Tri) 

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq memberikan pernyataan kepada masyarakat terkait program menanam di wilayah Semaki.