RAT KPRI Wiwara Terus Berinovasi dan Tingkatkan Omzet

UMBULHARJO - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Wiwara Kota Yogyakarta. Kegiatan ini sekaligus sebagai Pemilihan Pengurus dan Pengawas Koperasi Periode Tahun 2024-2027 yang diselenggarakan di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Rabu (6/3).

Ketua KPRI Wiwara Kadri Renggono mengatakan, pada kesempatan ini dimanfaatkan untuk mengesahkan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas atas pelaksanaan rencana kerja yang ditetapkan dalam tahun 2023.

Pihaknya juga mengungkapkan, secara resmi untuk Ketua Pengurus KPRI Wiwara periode 2024-2027 adalah Dedi Budiono dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Sementara untuk Ketua Pengawas KPRI Wiwara yakni Nindyo Dewanto dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta.

Kadri Renggono menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk mengevaluasi kinerja koperasi selama satu tahun terakhir dan menyusun rencana kerja untuk tahun berikutnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat bersama para anggota KPRI Wiwara, Rabu (6/3) di Grha Pandawa Yogyakarta.

Ia mengatakan, untuk nilai Equitas / Modal Sendiri sampai dengan 31 Desember 2023 sebesar Rp. 10.167.421.519,-

Jumlah tersebut mengalami penurunan Rp. 18.748.279,- dibandingkan dengan tanggal  31 Desember  2022  sebesar  Rp. 10.186.169.798,-

Sehingga pada tahun  2023 pemberian  pinjaman sejumlah Rp. 3.856.822.812,- mengalami  penurunan  sebanyak 8 persen dari tahun sebelumnya.

“Semoga ini menjadi bahan evaluasi bersama. Dimana koperasi tidak hanya memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, tapi juga meningkatkan kebersamaan dan kekompakkan,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi, UKM Kota Yogya, Tri Karyadi Riyanto berharap, anggota KPRI Wiwara terus melakukan Inovasi salah satunya memaksimalkan penggunaan media sosial dan bertransformasi dalam pengelolaan Koperasi secara digital.

“Semoga KPRI Wiwara terus berinovasi, salah satunya dengan pengelolaan koperasi secara digital. Sehingga dapat membesarkan koperasi terutama pada simpan pinjam,”jelasnya.

Menurutnya, selain kondisi keuangan terpantau. Adanya digitalisasi dalam pengelolaan koperasi dapat memudahkan pengurus agar pekerjaan yang dilakukan berjalan secara optimal, efisien dan profesional.

Pihaknya menambahkan, Koperasi ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya, khususnya para pegawai di lingkungan Pemkot Kota Yogyakarta. 

Ia berharap, untuk periode berikutnya pengelolaan koperasi memiliki inovasi dan mengalami peningkatan aset, omzet, dan laba.

Singgih juga memberikan apresiasi kepada pengurus dan pengawas KPRI Wiwara untuk menjadi koperasi yang lebih baik.

Selaras dengan hal tersebut, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengungkapkan, selamat bagi Ketua KPRI Wiwara periode 2024-2025. Selain itu, Singgih juga mengungkapkan rasa apresiasinya atas kinerja anggota dan pengawas KPRI Wiwara periode 2023-2024.

“Saya yakin, dengan kepemimpinan yang baik dan kerja sama yang solid dari seluruh anggota, KPRI Wiwara dapat terus berkembang dan maju,”ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan tata kelola yang baik dapat mewujudkan koperasi yang modern.

“Koperasi ini dari kita untuk kita. Semoga kegiatan hari ini dapat menjadi evaluasi dan perbaikan bagi kita semua. Sukses, berkembang dan maju terus untuk KPRI Wiwara,”imbuhnya. (Hes)