Pemberian Bantuan Modal Usaha Tingkatkan Kesejahteraan Warga

 

Umbulharjo - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengunjungi salah satu rumah warga di RT 16 RW 4 Kampung Celeban Kelurahan Tahunan. Kunjungan yang dilaksanakan Jumat sore (8/3) untuk memberikan bantuan modal usaha dan peralatan dapur serta etalase kaca makanan kepada dua warga Celeban.

 

Bantuan tersebut diberikan kepada Belka Pangesti (27) dan Tri Suparyati (64). Keduanya memiliki usaha makanan siap santap. Belka Pangesti sendiri menjajakan aneka sushi makanan khas jepang dan menjual ayam geprek. Selain menjajakan langsung, dirinya juga telah bergabung pada e-commerce untuk meningkatkan penjualannya.

 

“Jadi kalau pagi jualan aneka sushi, malamnya jualan ayam geprek,” ujarnya saat ditemui setelah menerima bantuan.

 

Belka Pengesti menerima bantuan modal usaha

 

Pihaknya merasa senang dengan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Menurutnya, bantuan tersebut menjadi pemantik semangat baginya dalam berjualan dan meningkatkan kualitas dagangannya.

 

“Alhamdulillah sekali, dan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Dengan etalase yang baru ini semoga lebih menarik para pembeli untuk membeli sushi dan ayam geprek,” ungkapnya.

 

Rasa terima kasih juga disampaikan oleh Tri Suparyati. Ibu Single Fighter dengan empat anak ini yang menjual gorengan ini  mengaku bahwa selama ini dirinya menitipkan gorengannya pedagang lainnya.

 

Tri Suparyati menerima bantuan modal usaha

 

“Terima kasih, sekarang bisa berjualan dengan etalase sendiri sudah tidak dititipkan ke warung sebelah. Sekarang jadi bisa nambah jualan pecel juga,” ungkap Tri Suparyati.

 

Pihaknya juga berharap program bantuan modal usaha ini juga bisa dirasakan oleh warga lainnya.

 

Singgih Raharjo menyebutkan bantuan modal usaha ini merupakan salah satu kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya.

 

“Semoga dengan modal ini bisa bermanfaat dan menambah semangat dalam berwirausaha. Harapannya kan usahanya semakin maju, semakin banyak pembeli sehingga meningkatkan kesejahteraan,” tutur Singgih.

 

Pihaknya juga berharap, usaha yang dilakukan Mbak Belka dan Bu Tri Suparyati bisa menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya. Usia tidak menjadi batasan dan halangan dalam berwirausaha, asalkan memiliki tekad yang kuat dan kemauan untuk berusaha tentu akan membuahkan hasil, lanjutnya. (Chi)