Yogya Mantapkan Diri Jadi Kota Festival

Secara resmi, Kota Yogya menjadi 'city of festival' atau kota festival.

Pakualaman-Secara resmi, Kota Yogya menjadi 'city of festival' atau kota festival. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat daya tarik wisata di Kota Yogya.

Komitmen bersama ini dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo, Ketua Jogja Festivals, Heriyanto dan disaksikan oleh para penyelanggara festival usai acara srawung festival yang merupakan rangkaian gelaran Jogja Festivals Forum and Expo (JFFE) 2024 di Hotel Jambuluwuk, Jumat (8/3/2024).

Menurut Singgih, Kota Yogya telah lama dikenal sebagai kota dengan potensi pariwisata serta karakter budaya yang kuat. Festival secara organik hadir sebagai realisasi dari pertemuan antara potensi dan karakter yang ada.

Namun demikian, lanjutnya, butuh ekosistem yang tepat untuk memupuk budaya kreatif agar tercipta komunitas kreatif yang baik seperti festival.

"Pariwisata adalah penggerak ekonomi utama di Kota Yogya, sehingga Pemkot terus berupaya meningkatkan ekosistem pariwisata melalui berbagai macam inovasi termasuk pengembangan ekonomi kreatif," tandasnya.

Ia mengungkapkan pada tahun 2023 kunjungan wisatawan domestik mencapai 7,2 juta dan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 309 ribu. 
 

"Sektor ekonomi kreatif yang paling berkembang di Kota Yogya adalah kuliner, fashion, kriya, dan seni pertunjukan," bebernya.

Singgih berharap dengan dideklarasikannya Kota Yogya sebagai city of festival dapat menjadi solusi dalam peningkatan taraf hidup masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kiranya JFFE dapat menjadi wadah berbagai macam festival untuk memperkuat sinergi ekosistem yang telah terbangun, sehingga festival dapat menjadi kekuatan bagi perkembangan ekonomi kreatif selanjutnya," katanya.

Sementara itu Ketua Jogja Festivals, Heriyanto mengungkapkan dengan komitmen bersama tersebut dapat memperkuat posisi Kota Yogya sebagai bagian kota festival terkemuka di dunia.

"JFFE 2024 hadir sebagai wadah festival untuk memperkuat sinergi ekosistem yang telah terbangun selama ini," katanya. (Han)