Pemkot Berikan Bantuan Korban Kebakaran Warga Semaki

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya memberikan bantuan kepada warga Semaki Kulon RT 34 RW 10 Kelurahan Semaki, Umbulharjo yang pada 11 Januari 2024 lalu tempat tinggalnya mengalami musibah kebakaran.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo kepada Fiki Edriand yang merupakan anak dari pemilik rumah Almarhum Diyah Sugiharyati.

Singgih mengungkapkan rasa prihatinnya kepada Fiki atas musibah yang menimpanya. "Bantuan yang berikan ini merupakan bentuk perhatian, kepedulian dan kecintaan Pemkot Yogya kepada warganya," ujarnya di Ruang Sadewa Balaikota Yogya, Rabu (13/3/2024).

Pihaknya berharap, bantuan tersebut bisa meringankan beban dan membantu memperbaiki rumah yang terbakar. "Bantuan ini sebesar Rp 18.750.000. Semoga dengan ini dapat sedikit meringankan beban yang di alami Fiki," katanya.

Menurutnya, musibah yang dialami Fiki bukanlah sesuatu yang diinginkan. Meski begitu, ia berharap peristiwa ini juga menjadi pembelajaran bagi masyarakat.

Untuk itu Singgih mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai bahaya kebakaran dan potensi penyebabnya seperti dari perlatan kelistrikan, serta potensi dari perapian di dapur.

"Masyarakat perlu lebih berhati-hati agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, termasuk terkait pencegahan terjadinya kebakaran, dengan memperhatikan instalasi listrik yang sesuai prosedur,” jelasnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo bersama Fiki Edriand warga Semaki korban musibah kebakaran.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogya, Taokhid mengatakan kebakaran yang terjadi di rumah Fiki Edriand disebabkan oleh penghuni rumah lupa mematikan kompor saat rumah ditinggal pergi beraktivitas.

"Rumah tersebut dikontrakkan dan dihuni dua kepala keluarga. Untuk luas bangunannya sekitar 96 m2. Rumah tersebut seluruhnya terbakar," katanya.

Ditemui usai menerima bantuan, Fiki Edrian mengaku haru bercampur bahagia. Di tengah musibah yang ia hadapi, bantuan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setelah rumahnya dilalap si jago merah.

"Terima kasih Pemkot Yogya atas bantuan ini. Bantuan ini sangat kami butuhkan saat ini. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih," ujarnya. (Han)