Silaturahmi Tarawih Pemkot Yogya Dorong Kegiataan Keagamaan di Wilayah

Tegalrejo-Kegiatan silahturahmi tarawih kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya. Kali ini kegiatan digelar di Masjid Muqorrobin yang berada di Kelurahan Bener, Tegalrejo.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo mengatakan kegiatan ini digelar untuk menjalin silaturahmi bersama warga dan mendorong kegiatan keagamaan di wilayah tersebut.

“Ini adalah cara kami untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan warga," katanya di lokasi, Kamis (14/3/2024).

Selain itu, ia juga meminta kepada jamaah untuk memberikan masukkan kepada Pemkot agar dapat terus melayani warganya dengan baik.

"Disini saya juga mengajak seluruh kepala perangkat daerah. Jadi jika warga punya masukkan bisa disampaikan," tandasnya.

Diakhir sambutan Singgih berpesan agar para jamaah dapat memaknai ibadah puasa ramadhan serta melaksanakan ibadah salat tarawih hingga malam terakhir.

“Manfaatkan bulan ramadhan ini dengan perbanyak ibadah, khususnya salat tarawih yang hanya ada di bulan ramadhan, teruslah istiqomah dalam melaksanakannya sampai malam  terakhir,” pesannya.

Usai melakukan salat tarawih tak sedikit jamaah masjid yang meminta foto dan berjabat tangan dengan orang nomor satu di Kota Yogya ini.

Dalam kesempatan itu Pemkot Yogya menyerahkan bantuan kepada Masjid Muqorrobin di antaranya berwujud uang dengan total senilai Rp 10.000.000. Bantuan tersebut berasal dari Pemkot Yogyakarta melalui Kementerian Agama Kota Yogya, Bank BPD DIY, Baznas Kota, Bank Jogja, PDAM Tirtamarta, dan Jogjatama Vishesha. Selain itu ada bantuan sejumlah Al Quran dan puluhan buku.

Jajaran Pemkot Yogya saat melakukan silahturahmi tarawih di Masjid Muqorrobin.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Muqorrobin, Feri menyambut baik kedatangan para rombogan tersebut. Ia berharap kehadiran rombongan dari Pemkot Yogya akan membawa keberkahan bagi masjid tersebut.

Feri menjelaskan Masjid Muqorrobin berdiri pada tahun 1930. Untuk renovasi pertama dilakukan pada tahun 1965. Seiring berjalannya waktu, masjid ini terus mengalami perbaikan. 

"Renovasi kedua dilakukan pada tahun 2001, dan yang terakhir kita lakukan pada tahun 2020 lalu. Semua ini swadaya dari masyarakat," bebernya.

Kegiatan dimasjid ini seperti rutin menggelar pengajian tiap Rabu Malam, Kamis Malam, dan pengajian Ahad Pagi. (Han)