Parampa Makmurkan UMKM di Muja Muju

UMBULHARJO - Untuk pertama kalinya Kampung Muja Muju yang berada di Jalan Kerto Yogyakarta menggelar Pasar Ramadan Pamurga (Parampa) bertema Babat Alas yang merupakan sebuah event ramadan lengkap dengan UMKM kulinernya ini digagas langsung oleh pemuda-pemudi Kampung Muja Muju di lingkungan RW 11.

Kegiatan ini diresmikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo didampingi, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufiq, Lurah Kelurahan Muja Muju Aris Sukrisna, Ketua Panitia Aditya octavianto serta pihak-pihak terkait dengan pemotongan pita pada Jumat (15/3) di Jalan Kerto RW 11 Yogyakarta.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo didampingi Ketua Panitia Aditya octavianto serta pihak-pihak terkait meresmikan Parampa dengan pemotongan pita pada Jumat (15/3) di Jalan Kerto RW 11 Yogyakarta.

Singgih mengucapkan selamat dan mengapresiasi diselenggarakannya pasar ramadan untuk pertama kalinya dilakukan. “Ini menjadi awal bersama untuk mengeksplor potensi yang ada di Kampung Muja Muju ini,”jelas Singgih saat sambutan.

Ia mengatakan, peran pemuda sangatlah penting untuk menstabilkan kegiatan pasar ramadan tersebut. Sehingga dengan banyaknya pasar ramadan ini, Parampa menjadi tujuan masyarakat untuk mencari takjil berbuka puasa. 

“Saya berharap, pemuda dan pemudi ini merupakan ujung tombak sebagai anak muda yang memiliki kreatifitas terutama dalam menyejahterakan kampungnya dan memakmurkan UMKM yang ada di sekitar sini,”ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo juga ikut nglarisi pedagang di Parampa.

Pihaknya berharap, dengan dibukanya Parampa dapat meningkatkan perekonomian khususnya di Kampung Muja Muju.

“Semoga awal perjalanan ini diberikan kelancaran, yang berdagang laris manis, jualannya berkah serta memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar yang lalu lalang di sepanjang Jalan Kerto ini,”ungkapnya.

Ketua Panitia Aditya Octavianto mengungkapkan, pembukaan pasar ramadan ini dengan tema Babad Alas diharapkan menjadi jalur baru bagi pemuda Kampung Muja Muju untuk menjadi yang lebih baik.

Pasar Ramadan Pamurga ini mendapat antusias warga maupun masyarakat yang lewat di Jalan Kerto.

“Ini merupakan tahun pertama kita khususnya bagi pemuda RW 11 di Kampung Muja Muju menyelenggarakan pasar ramadan. Semoga laris manis dan berjalan hingga tahun-tahun berikutnya,”ujarnya.

Aditya yang sering disapa ini mengatakan, ada 24 stan untuk memerihakan Parampa yang digelar mulai 15-29 Maret 2024 mulai pukul 15.30 WIB hingga 19.00 WIB.

“Semoga dengan UMKM yang ada seperti makanan, minuman bahkan aksesoris ini bisa meningkatkan perekonomian khususnya bagi pedagang yang ada di  Kampung Muja Muju,”jelasnya.

Harapannya Pasar Ramadan Pamurga ini berjalan hingga tahun-tahun selanjutnya. 

Tidak hanya UMKM makanan dan minuman saja, Parampa Kampung Muja Muju juga mengadakan gelaran seni pertunjukan mulai dari tari-tarian, live music, Talkshow untuk menambah minat masyarakat mengunjungi pasar ramadan yang berada di Jalan Kerto tersebut.

Sedangkan salah satu pedagang Reza mengatakan, sangat antusias mengikuti Parampa ini. 

Ia berharap, dengan fasilitas yang mencukupi bagi pedagang, Parampa ini bisa banyak dikenal melalui gencarnya promosi dari pemuda pemudi RW 11.

Tersedia 24 stan mulai dari berbagai macam makanan, minuman bahkan aksesoris dapat ditemukan disini.

Sehingga, Parampa banyak dikenal dan dikunjungi baik warga sekitar maupun warga yang melintasi Jalan Kerto.

“Terima kasih kepada muda mudi di RW 11 ini yang terlah memberikan fasilitas yang cukup bagus. Semoga promosi baik di media sosial ataupun dari mulut ke mulut lebih digencarkan lagi. Sehingga Parampa banyak dikenal masyarakat,”katanya. (Hes)