Pemkot Yogya Dekatkan Diri ke Masyarakat Lewat Silaturahmi Tarawih

WIROBRAJAN- Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan Baznas Kota Yogyakarta mengadakan silaturahmi tarawih ke Masjid Al Furqon di wilayah Pakuncen, Wirobrajan pada Sabtu (16/3/2024). Kegiatan itu menjadi media untuk mendekatkan diri ke masyarakat sekaligus memberikan bantuan ke Masjid Al Furqon.
Silaturahmi tarawih itu dipimpin
Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo dan diikuti Kepala Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nadhif, Ketua Baznas Kota Yogyakarta Syamsul Azhari. Selain itu didampingi Bagian Kesejahteraan Pemkot Yogyakarta, jajaran Kemantren Wirobrajan dan  Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Atik Wulandari.
"Kami datang ke sini ingin silaturahim. Pengin pemerintah kota lebih dekat dengan masyarakat. Karena  keberadaan pemerintah adalah melayani panjenengan (masyarakat)," kata Singgih saat silaturahmi tarawih di Masjid Al Furqon, Pakuncen.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan pernyataan dalam kegiataan silaturahmi tarawih di Masjid Al Furqon, Pakuncen.

Pihaknya mempersilahkan masysarakat untuk memanfaatkan keberadaan Pemkot Yogyakarta selaku pemberi pelayanan ke masyarakat. Terkait urusan pembangunan salurannya melalui RT, RW,  lurah, mantri pamong praja yang kemudian dibawa ke tingkat Kota Yogyakarta. Misalnya penerangan jalan, jalan konblok, pembangunan masjid, ada kegiatan masyarakat lain yang perlu didukung Pemkot Yogyakarta.
"Monggo silahkan. Itu merupakan satu fasilitasi dari Pemerintah Kota Yogyakarta," ujarnya.
Pemkot Yogyakarta Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan Baznas Kota Yogyakarta juga memberikan bantuan untuk Masjid Al Furqon. Pemkot Yogyakarta memberikan bantuan senilai Rp 10 juta untuk rehabilitasi masjid, Baznas Kota Yogyakarta sekitar Rp 2 juta dan Kementerian Agama Kota Yogyakarta memberikan bantuan sejumlah mushaf Al Quran.

Singgih (kanan) didampingi Kepala Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nadhif dan Ketua Baznas Kota Yogyakarta Syamsul Azhari menyerahkan bantuan kepada Takmir Masjid Al Furqon.

"Bantuan sepuluh juta dari Pemkot Yogyakarta diperuntukan untuk renovasi. Kalau ada keran, tempat wudhu,  toilet yang rusak.
monggo dicukupkan," papar Singgih
Sedangkan bantuan dari Baznas, Singgih menyatakan bisa diperuntukan untuk macam-macam kegiatan masyarakat. Misalnya mendukung perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu pihaknya mengajak masyasrakat yang akan menunaikan zakat dapat disalurkan melalui Baznas Kota Yogyakarta karena kemanfaatannya akan kembali ke masyarakat.
"Semoga bantuan bisa dimanfaatkan untuk kemashalatan umat dan masjid agar lebih baik lagi," ucapnya

Pengurus Takmir Masjid Al Furqon berfoto bersama dengan Singgih.

Dalam kesempatan itu Singgih juga menyampaikan terima kasih  kepada masyarakat yang turut mendukung kegiatan pemilu pilpres dan pileg di Kota Yogyakarta kemarin bisa berjalan lancar dan baik tanpa ada permasalahan. Termasuk RT, RW, lurah  mantri bersama masyarakat untuk bisa menciptakan kondisi aman dan damai saat pemilu pileg dan pilpres. Pihaknya berharap masyarakat bisa menciptakan kondisi aman, tentram.dan damai saat pilkada November 2024.
Sementara itu Ketua Takmir Masjid Al Furqon, Riyanto  menyambut baik kedatangan rombongan Pemkot Yogyakarta ke Masjid Al Furqon dan melakukan salat tarawih berjamaah dengam masyarakat. Takmir Masjid Al Furqon mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkot Yogyakarta, Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan Baznas Kota Yogyakarta.
"Kami sangat gembira rombongan pemkot datang ke masjid ini. Jumlah jamaah di masjid ini cukup banyak. Akhir-akhir ini kita mengadakan rehab kamar mandi supaya ebih enak dalam menggunakan toilet di masjid, " pungkas Riyanto.(Tri).

Pengurus Takmir dan jamaah perempuan Masjid Al Furqon berfoto bersama dengan Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Atik Wulandari dan Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta.