Pemkot Raih Lima Penghargaan TOP BUMD Awards 2024

Jakarta-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta meraih lima penghargaan dalam acara puncak penghargaan TOP BUMD Awards 2024 yang diinisiasi oleh Majalah Top Business di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Penghargaan pertama diraih oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. Orang nomor satu di Kota Yogya ini dinobatkan sebagai Pembina BUMD terbaik tahun 2024. Prestasi yang di raihnya ini diberikan lantaran ia mampu mengantarkan dua BUMD milik Pemkot Yogya yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta dan Perumda BPR Bank Jogja meraih predikat bintang lima atau kategori luar biasa di ajang tersebut.

Kemudian penghargaan kedua diraih oleh Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya sebagai TOP CEO BUMD 2024. Kemudian penghargaan ketiga diraih Direktur Utama Perumda BPR Bank Jogja, Kosim Junaedi juga sebagai TOP CEO BUMD 2024.

Sementara penghargaan kempat dan kelima diraih oleh PDAM Tirtamarta dan Perumda BPR Bank Jogja sebagai BUMD dengan kategori bintang lima. Kategori bintang lima ini diberikan lantaran perusahaan ini memiliki capaian kinerja dan manajemen yang baik.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2024 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Top Business M Lutfi Handayani mengatakan pemberian penghargaan untuk Penjabat Wali Kota didasarkan karena peran dan interaksinya sebagai kepala daerah yang turut menentukan keberhasilan pengelolaan BUMD.

"Penjabat Wali Kota Yogya dinilai mampu mendukung dan memberikan ruang serta peluang kepada BUMD milik Pemkot Yogya, sehingga BUMD ini memiliki daya saing dan kinerja yang tinggi," jelasnya di Hotel Raffles Jakarta.

Sementara kategori bintang lima yang diraih PDAM Tirtamarta dan Perumda BPR Bank Jogja selain memiliki capaian kinerja dan manajemen yang baik, dua perusahaan ini juga memiliki peran besar dalam pembangunan ekonomi di Kota Yogyakarta.

"Perusahaan ini juga telah banyak melakukan inovasi yang berkelanjutan yang didukung dengan kemajuan tekonologi informasi," ungkapnya.

Secara umum, lanjutnya, kombinasi antara pencapaian kinerja, upaya perbaikan, dan kontribusi kedua BUMD ini dinilai sangat baik.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional. 

Sebagai informasi TOP BUMD Awards 2024 diselenggarakan majalah Top Business bekerja sama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan Bisnis. 
 

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo bersama Dirut PDAM Tirtamarta, Majiya, dan Dirut Perumda BPR Bank Jogja, Kosim Junaedi saat menerima penghargaan TOP BUMD Award 2024.

Top BUMD Awards juga merupkan satu-satunya kegiatan corporate rating atau penilaian kinerja BUMD yang diberikan kepada BUMD terbaik se-Indonesia atas prestasi, perbaikan, dan kontribusi yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan, serta kontribusi terhadap perekonomian daerah. 

Pada ajang ini juga melibatkan dewan juri dari berbagai unsur akademisi seperti profesor, doktor, dan para praktisi serta konsultan bisnis terkemuka.

Gelaran tersebut diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Ditemui usai menerima penghargaan, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan bahwa penghargaan yang diraihnya ini menjadi motivasi dan pembelajaran untuk terus meningkatkan pelayanan dan prestasi BUMD di Kota Yogyakarta.

Singgih menuturkan bahwa Pemkot Yogyakarta akan selalu berkomitmen untuk mengembangkan inovasi dan pelayanan bagi masyarakat Kota Yogyakarta.

"Adanya prestasi yang dicapai PDAM Tirtamarta dan Perumda BPR Bank Jogja menjadi wujud nyata dari upaya kita bersama-sama," katanya.

Pihaknya juga akan terus menggenjot peran BUMD secara maksimal dalam mengungkit ekonomi Kota Yogyakarta. Di setiap kesempatan ia selalu berpesan agar BUMD tidak hanya berorientasi profit.

"Melainkan lebih fokus dalam memberikan bantuan dan fasilitasi bagi para UMKM demi mendongkrak ekonomi mereka," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Singgih mengajak seluruh karyawan di dua BUMD tersebut agar bekerja lebih keras dan cerdas lagi, sehingga akselerasi pembangunan dapat berjalan lebih optimal.

"Mari terus berkontribusi terhadap pembangunan di Kota Yogya, yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan diberbagai bidang lainnya," ujarnya.

Ia menambahkan dengan diraihnya penghargaan tersebut menandakan kinerja BUMD di Kota Yogya telah menunjukkan kinerja yang terbaik.

“Saya harap seluruh karyawan dapat terus menunjukkan peningkatan kinerja, terus berinovasi sesuai ketentuan yang berlaku guna meningkatkan pendapatan daerah” katanya. (Han)