Pemkot-Gojek Kerja Sama Layanan Antar ke Pasar

Gondomanan-Dinas Perdagangan Kota Yogya terus memperpanjang kerjasamanya dengan PT Goto Gojek Tokopedia. Diharapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Yogya. 

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogya, Veronika Ambar Ismuwardani mengatakan kerjasama dengan PT Goto Gojek Tokopedia sudah berjalan selama empat tahun. Pada awalnya kerjasama tersebut dalam bentuk layanan belanja online di pasar tradisional dengan menggunakan aplikasi gojek.

"Kerjasama dengan PT Goto Gojek Tokopedia pertama kali dijalin pada tahun 2020 pada saat pandemi Covid-19 dengan menyediakan layanan belanja online. Masyarakat hanya tinggal membuka aplikasi GoShop kemudian di halaman GoShop akan muncul banner update harga tiap-tiap pasar," tandasnya di Dinas Persagangan Kota Yogya, Selasa (26/3/2024).

Ambar menambahkan untuk layanan belanja online tersebut sampai sekarang masih tersedia, namun pihaknya berencana akan menambah layanan baru pada kerjasama tersebut. Salah satunya dengan menyediakan layanan antar masyarakat untuk menuju pasar di Kota Yogya dengan berbagai potongan harga yang menarik.

"Jadi warga kalau mau kepasar tidak perlu susah-susah mencari parkir, tinggal pesan melalui aplikasi gojek dan langsung diantar menuju pasar yang diinginkan, tentunya dengan banyak potongan tarif yang disediakan oleh PT Goto Gojek Tokopedia," katanya.

Menurutnya dengan bentuk layanan seperti ini, tidak hanya para pedagang saja yang diuntungkan, tetapi juga masyarakat dan para pengemudi ojek (driver) yang tergabung di Gojek.

"Ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat, apalagi Kota Yogga kini telah menjadi kota festival. Akan ada banyak festival yang digelar di Kota Yogya terutama dipasar. Kamipun juga punya acara tiap tahun yakni Disdag Fest," bebernya.

Ambar berharap kerjasama tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Yogya.

"Kota Yogya memiliki potensi besar untuk dikerjasamakan. Apalagi jumlah pedagang pasar di Kota Yogya lebih dari 13.000 pedagang," ungkapnya.

Dinas Perdagangan Kota Yogya terus memperpanjang kerjasamanya dengan PT Goto Gojek Tokopedia.

Sementara itu perwakilan dari PT Goto Gojek Tokopedia, Saiful Baktiar menyambut baik rencana Disdag Kota Yogya. Menurutnya inovasi tersebut sangat bermanfaat bagi banyak pihak.

"Kita akan terus lakukan evaluasi agar rencana ini dapat segera terealisasi," jelasnya. 

Ia berharap kerjasama tersebut dapat menjadi momentum pendorong kemudahan mobilitas masyarakat di Kota Yogya. (Han)