Pelantikan Pengurus KPRI Wiwara, Tingkatkan  Inovasi Majukan Koperasi

Umbulharjo-Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo melantik dan mengambil sumpah pengawas dan pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Wiwara periode 2024-2027. Dalam pelantikan tersebut, Dedi Budiono yang juga sebagai Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dipercaya menjadi ketua pengurus menggantikan Kadri Renggana. Sementara untuk ketua pengawas dijabat oleh Nindyo Dewanto yang juga sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Baksesbangpol) Kota Yogya menggantikan Septi Sri Rejeki.

Usai melantik, Singgih mengatakan pengurus dan pengawas KPRI Wiwara harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk memajukan koperasi Wiwara sehingga koperasi Wiwara dapat dikelola dengan benar, amanah, profesional dan transparan guna meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Menurutnya keberadaan pengawas dan pengurus koperasi mempunyai posisi penting dalam memajukan dinamika organisasi, mencapai visi misi organisasi, serta dalam menanamkan budaya berkoperasi bagi setiap anggota maupun calon anggota.

"Untuk para pengurus dan pengawas baru agar mempunyai komitmen yang tinggi untuk memajukan koperasi Wiwara, sehingga koperasi ini dapat dikelola dengan benar, amanah, profesional, dan transparan agar dapat berkembang serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya," katanya di ruang Yudistira komplek Balai Kota Yogyakarta, Kamis (28/3/2024).

Pihaknya mengungkapkan agar para pengurus dan pengawas yang baru dilantik dapat membuat manajemen waktu yang baik agar pekerjaan di kantor dan kegiatan koperasi dapat berjalan  bersama dan  tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan. 

Penjabat Wali Kota Yogya berfoto dengan para pengurus pengawas lama dan baru KPRI Wiworo.

"Yang perlu menjadi penekanan adalah para pengurus dan pengawas Koperasi Wiwara hendaknya dapat mengatur waktu sebaik mungkin disela-sela pekerjaannya sebab pekerjaan kantor dan jabatan sebagai pengurus atau pengawas merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan," katanya.

Singgih juga menegaskan agar Koperasi Wiwara terus melakukan inovas. Menurutnya inovasi menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam pengembangan koperasi. Selin itu ia juga meminta agar KPRI Wiwara meningkatkan aspek pemasaran sehingga semakin banyak warga masyarakat yang memanfaatkan koperasi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jumlah keanggotaannya juga perlu ditingkatkan juga, mengingat Wiwara merupakan koperasi yang bernaung di bawah Pemkot Yogya, sehingga sangat dianjurkan bagi setiap Karyawan Pemkot Yogyakarta untuk menjadi bagian di dalamnya,” tandasnya (Han).