Musrenbang RPJPD Himpun Aspirasi Rencana Pembangunan Kota Yogya

Pakualaman-Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Yogya tahun 2025-2045 di Hotel Jambuluwuk, Selasa (2/4/2024).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogya, Agus Tri Haryono mengatakan tujuan diselenggarakannya Musrenbang RPJPD 2025-2045 adalah untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap penajaman visi, misi, serta arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD.

"Nantinya berbagai masukan, aspirasi, dan gagasan dari narasumber maupun peserta tentang perencanaan pembangunan Kota Yogya tahun 2025-2045 akan ditampung dan dimanfaatkan untuk penyempurnaan rancangan RPJPD Kota Yogya tersebut," tandasnya.

Agus mengungkapkan RPJPD menjadi dokumen acuan pemerintah untuk periode 20 tahun kedepan. Sekaligus dalam rangka upaya menciptakan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan serta hasil rencana pembangunan daerah.

“Kita juga mengacu pada RPJPN di tingkat pusat, maka harus selaras. Sehingga RPJPD yang kita susun ini benar-benar bisa kita rasakan manfaatnya 20 tahun ke depan," bebernya.

Ia menjelaskan, arahan pembangunan Kota Yogya mendatang yakni melalui akselerasi dan pemerataan ekonomi melalui pengembangan sektor unggulan berdaya saing tinggi.

"Untuk itu peran dari setiap pemangku kepentingan sangat diperlukan dalam upaya perwujudan visi dan misi tersebut," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat menandatangani berita acara Musrenbang RKPD 2025-2045.

Sementara itu dalam arahannya, Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo mengungkapkan pentingnya pelaksanaan Musrenbang dalam memberikan masukan terhadap penyusunan dokumen perencanaan daerah.

Menurutnya, Musrenbang merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai sarana untuk berdiskusi, bertukar pikiran dan pendapat. "Baik pemerintah maupun masyarakat tentu menjadi momen penting dalam mengakomodasi usulan-usulan tersebut," katanya.

Singgih meminta selama penyusunannya sudah menyamakan persepsi dan mengawali seluruh program yang sudah baik untuk tetap dipertahankan. “Program baik yang sudah dibangun selama ini wajib dilanjutkan demi terbentuk kesinambungan, agar masyarakat juga tetap merasakan manfaatnya,” terangnya.

Acara ini diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Yogya serta pimpian BUMD milik Pemkot Yogya dan menghadirkan dua narasumber yakni Hery Zudianto dan perwakilan dari Bappeda DIY. (Han)