Pemkot Yogya Terbaik Pertama Penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha 2024

DANUREJAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendapatkan Penghargaan dengan predikat sebagai Kota Terbaik Pertama dalam Perencanaan Terbaik Tahun 2024.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X kepada Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo di Gedung Pracimosono Kepatihan Yogyakarta Kamis (4/4).

“Ini merupakan bentuk apresiasi kinerja Pemerintah Kota Yogyakarta dalam membuat berbagai macam inovasi khususnya pada pembangunan pasar tradisional yang modern dengan dilengkapi zona ekonomi kreatif,”jelas Singgih saat diwawancarai usai Penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha.

Menurutnya, dengan pembangunan pasar tradisional yang kreatif dan modern dilengkapi zona ekonomi kreatif dapat menggaet kaum muda untuk menyambangi pasar tradisional. Sehingga pasar tradisional tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo usai menerima penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha Tahun 2024.

“Penggabungan pasar tradisional ini sangat diterima masyarakat terutama kaum muda, bahkan menjadi bagian dari lifestyle mereka,”ungkapnya. 

Saat ini pasar tradisional yang sudah direvitalisasi diantaranya Pasar Prawirotaman, Pasar Kranggan dan Pasar Sentul. “Nantinya juga pasar yang akan kita revitalisasi Pasar Terban tahun ini. Dengan desain yang sama, penggabungan pasar tradisional tetapi juga mengakomodasi ruang ekonomi kreatif yang bisa menjadi titik kumpul dan pembangkit ekonomi baik bagi pasar itu sendiri maupun ekonomi kreatif,”ujarnya

Pihaknya berharap, penghargaan ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi Pemkot Yogyakarta untuk terus berinovasi dan mengembangkan program lain yang bisa mendorong pembangunan kearah yang lebih baik.

“Dengan inovasi yang dimiliki pemerintah nantinya bisa memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada, sekaligus dapat memberikan masyarakat kearah yang lebih sejahtera,”imbuhnya.

Setelah penyerahan perhargaan acara dilanjutkan dengan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) DIY 2025-2045 dan RKPD DIY Tahun 2025.

Sementara itu, Prakata Ketua Tim Penilaian Independen Reka Cipta Bhakti Nugraha Tahun 2024, Gatot Saptadi mengucapkan selamat kepada tiga kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan. 

Nantinya Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo akan maju ke tingkat Nasional mewakili DIY.

Dimana penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha Tahun 2024 diberikan kepada Terbaik Kesatu adalah Kota Yogyakarta dengan inovasi Optimalisasi Pengembangan Pasar Rakyat sebagai Ruang Ekonomi Kreatif, Terbaik Kedua Kabupaten Kulon Progo dengan mengangkat Inovasi Mata Hatiku Bersama Kita Cegah Stunting Kulonprogo serta Terbaik Ketiga Kabupaten Bantul dengan inovasi Lele Gurih Lele Gerakan bersama  Kelurahan Integratif dan Holistik.

“Semoga penghargaan ini dapat bermanfaat terutama dalam peningkatan kualitas perencanaan pembangunan yang informatif dan inovatif yang berdampak luas terhadap kualitas hidup di masyarakat. Nantinya Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo akan maju ke tingkat Nasional mewakili DIY,”ujarnya. (Hes)