Kampung Wisata Mulai Dilirik pada Libur Lebaran

GONDOKUSUMAN - Setelah libur panjang lebaran, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta terus melakukan penghitungan kunjungan wisatawan. Namun untuk tahun ini jumlah wisatawan naik dari tahun sebelumnya. 

Dimana berdasarkan catatan sementara, jumlah pengunjung selama libur lebaran di Teras Malioboro saja rata-rata mencapai 24 ribu pengunjung setiap harinya. 

Hal ini disampaikan oleh Analis Kebijakan Muda Dispar Jogja Krismono Adjie, jumlah keseluruhan kunjungan ke Kota Yogyakarta selama libur lebaran ini meningkat jika dibanding tahun lalu. 

"Masih akan ada jumlah kenaikan dilihat dari suasananya. Tidak hanya di kawasan Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton) saja. Tetapi wisatawan juga menyambangi hingga ke destinasi museum,"jelas Kris saat diwawancarai beberapa hari lalu.

Ia menambahkan, wisatawan banyak berdatangan ke kebun binatan (GL Zoo) dan tempat wisata lainnya seperti Taman Pintar, Malioboro, dan Kraton Yogyakarta.

Tambahnya, penambahan jumlah pengunjung ini berkat adanya media sosial. Sehingga kunjungan wisatawan ke kampung-kampung wisata juga mengalami peningkatan.

“Wisatawan saat ini sudah modern update di sosial media, rata-rata paling banyak di kunjungi ke Kampung Wisata Purbayan, Cokrodiningratan, dan Rejowinangun,”ungkapnya.

Sampai saat ini wilayah Gumaton masih menjadi pilihan wisata yang datang ke Kota Yogyakarta.

Menurutnya, ketiga kampung wisata ini banyak didatangi karena namanya yang sudah familiar dan juga memiliki penghargaan kampung wisata yang berskala Nasional. 

Sementara itu, Ketua Kampung Wisata (Kamwis) Purbayan Ruli Setiawan mengaku, untuk tahun 2024 jumlah kunjungan Kamwis Purbayan mengalami peningkatan wisatawan walaupun tidak signifikan yang mencapai 1.966 orang.

Ia menyebutkan destinasi yang paling banyak dikunjungi adalah Masjid Besar Mataram yang ada di kawasan Kotagede.

Selain itu, destinasi lainnya yang banyak di kunjungi adalah kerajinan perak yang ada di sekitar Kotagede.

Kampung Wisata Purbayan juga menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Kota Yogya.

“Semoga tidak hanya saat libur lebaran saja Kamwis Purbayan dikunjungi wisatawan, tetapi disaat hari-hari biasa atau saat libur kerja wisatawan bisa mengunjungi dan menikmati wisata yang ada di Kamwis Purbayan,”ungkapnya. (Hes)