Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Ajang Mengolahragakan Masyarakat Yogya

KOTAGEDE- Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung kegiatan pertandingan olahraga sepak bola yang diadakan masyarakat. Salah satunya Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Yogyakarta yang digelar pada 23-30 April 2024 di Lapangan Karang Kotagede. Turnamen sepak bola itu menjadi ajang mengolahragakan masyarakat dan meningkatkan kualitas klub-klub sepak bola di Kota Yogyakarta.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengapresiasi atas penyelenggaraan Turnamen Sepak Bola Mataram Cup 2024. Menurutnya turnamen itu akan menjadi motivasi bagi klub-klub sepak bola di Kota Yogyakarta untuk tampil bertanding dan meningkatkan kualitas bermain. Termasuk mendorong untuk maju ke ajang pertandingan yang lebih tinggi.

“Ini merupakan bagian bagaimana kita mengolahragakan masyarakat melalui sepakbola yang merupakan olahraga yang sangat populer baik di kota maupun di  Indonesia,” kata Singgih saat membuka Turnamen Sepak Bola Mataram Cup, Selasa (23/4/2024), sore.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat membuka Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Yogyakarta 2024.

Singgih menilai kemenangan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-23 dalam Piala Asia akan berpengaruh terhadap iklim sepak bola, khususnya di Kota Yogyakarta. Momentum tersebut harus dimanfaatkan untuk memberikan pelatihan dan pembimbingan serta fasilitas kegiatan turnamen sepak bola di Kota Yogyakarta.

Singgih mengucapkan selamat untuk penyelenggaraan Turnamen Mataram Cup 2024. Pihaknya berharap para pemain bisa menjaga sportivitas dalam pertandingan sepak bola.Dalam kesempatan itu Singgih juga mengajak masyarakat untuk mendukung olahraga sepak bola di Kota Yogyakarta.

“Selamat bertanding. Jaga sportivitas untuk kemudian menjadi klub sepak bola yang berkualitas,” ujarnya.

Singgih berfoto bersama para pemain PS. Pemkot Yogya yang bermain membuka Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Yogyakarta 2024 di Lapangan Karang Kotagede.

Pihaknya juga mendorong adanya pelatihan sepak bola untuk anak-anak. Singgih menyatakan beberapa waktu lalu sudah menyampaikan kepada  Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Yogyakarta agar ada turnamen secara rutin dan akan berjenjang. Diharapkan dari pelatihan itu anak-anak bisa masuk ke klub sepak bola seperti Persatuan Sepak Bola Indonesia Mataram (PSIM) dan lainnya.

“Ini saya kira untuk memberikan motivasi bagi anak-anak remaja kita sehingga sepakbola menjadi bagian dari sebuah profesi yang bisa dicita-citakan. Banyak sekali talenta dan kita harus memberikan fasilitas untuk sepakbola,” ucap Singgih.

Sementara itu Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola Mataram Cup 2024 Aji Damar Prasetyo mengatakan para penggiat sepak bola di Kotagede pada khususnya dan Kota Yogyakarta pada umumnya ingin menggairahkan kembali persepakbolaan di Kotagede. supaya bisa bermain di tingkat daerah maupun nasional. Oleh sebab itu digelar Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Yogyakarta 2024. Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Yogyakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Yogyakarta yang mendukung turnamen sepak bola itu.

Pertandingan sepak bola PS Pemkot Yogya dan PS Brow Reborn membuka Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Yogyakarta 2024.

“Harapan kami dari penggiat sepakbola Kotagede agar kegiatan seperti turnamen ini  bisa berjalan menjadi event tahunan. Harapan kami ke depan untuk kemajuan Kotagede khususnya bisa mencetak bibit persepakbolaan dari tingkat junior hingga senior dan bisa menyumbang pemain timnas,” terang Aji.

Turnamen Sepak Bola Mataram Cup 2024 diikuti 8 klub sepak bola yaitu Persatuan Sepak Bola (PS) Pemkot Yogya, PS. Brow Reborn, PS. Bharata, PS.IM, PS Telkom, PS Hizbul Wathan Reborn, PS. Sekarmas dan PS, Mancasan. Turnamen sepak bola mempertandingkan usia 30 tahun, 35 tahun dan 40 tahun. Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Yogyakarta 2024 akan memperebutkan Piala Penjabat Wali Kota Yogyakarta.

Hari pertama Turnamen Sepak Bola Mataram Cup Yogyakarta 2024 dibuka dengan pertandingan antara PS Pemkot Yogya dengan PS Brow Reborn. Pada pertandingan babak pertama dan kedua PS Pemkot Yogya melawan PS Brow Reborn, skornya imbang 2-2. Kemudian dilanjutkan dengan adu penalti antara PS Pemkot Yogya dan PS Brow Reborn dan berakhir dengan skor 3-4. (Tri)

Para pemain PS Pemkot Yogya saat menghadang tendangan dari lawan PS Brow Reborn.