Bayar Parkir dengan QRIS Mudah dan Nyaman

YOGYAKARTA - Setelah satu tahun peluncuran sistem pembayaran parkir non-tunai menggunakan QRIS, Kota Yogyakarta mencatat berbagai kemajuan dalam manajemen dan efisiensi pakir. Implementasi QRIS telah membawa perubahan positif terhadap pendekatan pembayaran non-tunai di kota ini, dengan menawarkan kemudahan dan keamanan transaksi bagi pengguna jasa parkir.

Lokasi Parkir Tepi Jalan Umum yang dipilih untuk sistem pembayaran dengan QRIS yaitu Parkir Tepi Jalan Umum di Jalan Prof. Herman Yohanes.

 

Informasi Pembayaran QRIS di Parkir Tepi Jalan Umum, Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes

Kepala Bidang Perparkiran, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Imanudin Aziz mengatakan, respon masyakat dan petugas parkir cukup positif dan antusias karena memberikan pilihan pembayaran baik tunai maupun non-tunai.

"Adanya pembayaran melalui QRIS juga meminimalisir kecurangan dalam memungut tarif parkir karena sistemnya lebih transparan dan akuntabel.", jelas Aziz, Selasa (17/10).

Jalan Prof. DR. Herman Yohanes sendiri berada di lokasi strategis di Kota Yogyakarta. Di Jalan Prof. DR. Herman Yohanes terdapat salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Yogyakarta. 

Aziz mengaku, pihaknya telah memberikan fasilitas ke juru-juru parkir berupa ID Card dan banner besar yang dilengkapi QR Code QRIS. Selain itu, sosialisasi telah dilakukan baik kepada petugas parkir maupun masyarakat.

 

Monitoring dan pemantauaan secara berkala penggunaan Qriss Parkir di Pakir Tepi Jalan Umum Jalan Yohanes
Monitoring dan pemantauaan secara berkala penggunaan QRIS di Parkir Tepi Jalan Umum Jalan Yohanes

"Para juru parkir kami yang ada di lokasi tersebut memang sudah kami sosialisasi sejak bulan Januari bersama-sama Bank Indonesia dan BPD DIY. Sedangkan sosialisasi ke masyarakat kita lakukan dengan tersedianya banner Siap QRIS di lokasi tersebut serta melalui media massa dan media sosial", ujar Aziz.

Terkait rencana ke depan, Aziz menyampaikan bahwa Pemkot Jogja berencana menambah titik-titik parkir yang dapat menggunakan QRIS termasuk menambah fasilitas-fasilitas penunjangnya. 

"Rencana untuk parkir tepi jalan umum akan kita tambahkan di lokasi-lokasi progresif sekitar Jalan Urip Sumoharjo", terang Aziz.

Penerapan QRIS di Yogyakarta ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan zaman dalam menghadapi era digital yang terus berkembang. (Alr)