Tujuh Anggota Pramuka Wakili Kota Yogyakarta ke New Caledonia

UMBULHARJO - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menerima langsung kunjungan delegasi De La Mont-Dore, Nouvelle New Caledonia (Kaledonia Baru) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta, Rabu (24/4). 

Kunjungan ini sekaligus dalam rangka memperkenalkan peserta yang akan diberangkatkan ke New Caledonia untuk melaksanakan perkemahan bersama para anggota pramuka New Caledonia pada bulan Agustus 2024.

Dimana nantinya dari Kota Yogyakarta akan ada tujuh anggota pramuka yang akan ikut berkegiatan pramuka di New Caledonia. Sedangkan dari DIY akan memberangkatkan 18 anggota pramuka.

Singgih Raharjo berharap, kerjasama diantara kedua belah pihak terus terjalin. “Semoga kerjasama yang telah dibangun ini dapat terus terjalin dan menguntungkan bagi kedua belah kota. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan pramuka di Kaledonia Baru yang akan berlangsung pada Januari 2025 mendatang,”jelas Singgih.

Untuk diketahui New Caledonia memiliki organisasi pramuka yang aktif yang dikenal sebagai ‘Scouts et Guides de Nouvelle-Calédonie’ dengan menekankan keterampilan, kegiatan luar ruangan, dan kontribusi terhadap komunitas.

Selain itu, Kota Yogyakarta dan Kota Mont Dore di Kaledonia Baru sudah menjalin kerjasama atau sebagai Sister City selama lima tahun sejak tahun 2019 hingga saat ini.

Menurutnya, seperti di Kota Yogyakarta dan didaerah lainnya, pramuka di New Caledonia juga melibatkan anak-anak dan remaja dalam membangun keterampilan kepemimpinan, kerja tim, serta tanggung jawab sosial. 

Mereka sering mengadakan kemah, pelatihan, proyek lingkungan, dan layanan masyarakat untuk membantu pengembangan karakter dan kontribusi positif mereka pada masyarakat.

Chief of Scouts de Nouvelle Caledonie Michel Louis Reverce saat memberikan sambutan.

Pihaknya berharap, kerjasama yang terjalin dapat memberikan manfaat bagi kedua kota. “Kami akan terus menantikan kerjasama dan semoga ini dapat memberikan manfaat serta memajukan Kota Yogyakarta dan Kaledonia Baru,”ujarnya.

Sementara itu, Chief of Scouts de Nouvelle Caledonie Michel Louis Reverce mengajak delegasi lainnya seperti ⁠Beatrice Guiraud ep Reverce,⁠ ⁠Marie Christine Faubert ep Winchester, ⁠Jack Winchester, ⁠Daniel Kastavi, ⁠Rusmaeni Sanmohmat, dan ⁠Pearl Winchester yang akan berada di Kota Yogyakarta selama beberapa hari dan melakukan serangkaian kegiatan visitasi ke beberapa lokasi.

Pihaknya berharap, Pemkot Yogyakarta akan berkunjung ke New Caledonia dan menikmati berbagai kegiatan disana. “Saya mengundang Kota Yogyakarta untuk berkunjung ke New Caledonia. Semoga kerjasama yang terjalin terus terjaga,”ungkapnya. 

Ia juga berharap, kegiatan perkemahan antar Kota Yogyakarta dengan New Caledonia berjalan dengan lancar dan menjadikan anggota pramuka memiliki pengalaman baru yang bisa ditularkan ke anggota lainnya.

Sementara itu, Andalan Hubungan Masyarakat Kwarda DIY yang juga sekaligus sebagai Pimpinan Kontingen Delegasi Kwarda DIY ke New Caledonia, Andri mengungkapkan, selain menyiapkan fisik agar tetap sehat. 

Anggota pramuka yang mengikuti kepramukaan di New Caledonia sedang mempersiapkan penyelesaian administrasi visa.

Ia menambahkan, keikutsertaannya ini bukan hal yang pertama kali dilakukannya. “Semoga semua berjalan dengan lancar terutama dalam penyelesaian visa. Ini adalah keikutsertaan saya untuk kedua kalinya,”ujarnya.

Pihaknya juga mengatakan, para peserta yang ikut juga dibekali dengan pengetahuan budaya yang ada di New Caledonia dan dibekali dengan pembelajaran bahasa Prancis agar terbiasa saat menjalin komunikasi dengan peserta yang berada disana. (Hes)

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo berfoto bersama para delegasi New Caledonia.