Inovasi Pariwisata Jaga Angka kunjungan Wisatawan di Yogya

Gedongtengen-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya akan terus bersinergi dengan para pelaku pariwisata. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan geliat pariwisata di Kota Yogya.

Penjabat Wali Yogya, Singgih Raharjo mengatakan selain kolaborasi, para pelaku pariwisata juga diharapkan memperkuat inovasi. Menurutnya dua hal tersebut adalah kunci untuk membangkitkan sektor pariwisata di Kota Yogya.

"Misalnya inovasi pengembangan kegiatan pariwisata berbasis olahraga yang belakangan ini peminatnya terus meningkat," katanya saat menghadiri syawalan bersama anggota Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DIY di Hotel Royal Darmo, Kamis (25/4/2024).

Ia membeberkan pada tahun 2024 fokus utama pariwisata Jogja adalah quality tourism yang lebih menekankan dampak daripada kuantitas jumlah wisatawan.

"Ini sudah terbukti pada libur lebaran 2024 lalu. Jumlah kunjungan wisatawan selama 10 hari libur lebaran 2024 lalu lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Hal tersebut juga dibarengi dengan tingginya besaran belanja wisatawan. Okupansi hotelpun mencapai sampai 90%," tandasnya

Para anggota Asita DIY saat menghadiri syawalan

Menurutnya pencapaian tersebut merupakan bukti kesiapan yang matang dari Pemkot Yogya dan para pelaku wisata. "Selain itu yang tak kalah penting adalah perilaku para wisatawan yang mengikuti aturan yang telah dibuat oleh Pemkot Yogya, " imbuhnya.

Sementara itu Plh Ketua Asita DIY, Edwin Ismedi Himna mengaku akan terus bersinergi dengan Pemkot Yogya. Ia mengungkapkan jika daya tarik wisata DIY masih tinggi.

"Namun pemerintah juga tidak boleh lengah dan harus terus berbenah, agar bisa menjaga angka kunjungan wisatan," jelasnya. (Han)