Pemkot Yogya Siap Perluas Layanan Primer Puskesmas

Banguntapan-Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Kota Yogya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya berkomitmen akan memperluas layanan primer Puskemas melalui pengimplementasian Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer atau Integrasi Layanan Primer (ILP) di seluruh Puskesmas di Kota Yogya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya, Emma Rahmi Aryani megungkapkan ILP menjadi suatu keharusan khususnya dalam penyediaan layanan kesehatan yang terkoordinasi dan melibatkan berbagai sektor terkait.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya menggelar sosialisasi ILP di Grand Rohan Hotel, Jumat (26/4/2024) dengan harapan akan meningkatkan kerjasama antar perangkat daerah terkait pelaksanaan ILP.

"Peran seluruh perangkat daerah sangatlah penting dalam mendukung pelaksanaan ILP di wilayah," bebernya.

Di Kota Yogya sendiri, lanjutnya, program ILP sudah diterapkan di dua Puskesmas yakni di Puskesmas Umbulharjo 1 dan di Puskesmas Tegalrejo. Sementara untuk tahun ini pihaknya akan menambah 4 Puskesmas yakni Puskesmas Pembantu Dukuh, Puskesmas Demangan, Puskemas Danurejan 1, dan Puskesmas Kotagede 2.

 "Tahun ini kita menyiapkan empat Puskesmas. Targetnya tahun 2025 semua Puskesmas dapat menerapkan program ini," katanya.

Pemkot Yogya Berkomitmen Dukung Program ILP di Puskesmas.

Acara ini dibuka oleh Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya. Pihaknya pun sangat menyambut baik digelarnya sosialisasi ini. Menurutnya dengan mengundang perwakilan tiap perangkat daerah akan menyamakan presepsi sehingga dapat sesuai dengan pedoman penyelenggaraan ILP di Puskesmas kota Yogya.

Aman berharap seluruh Perangkat Daerah dapat ikut serta dalam mendukung program ILP sehingga dampaknya dapat dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat.

“Semoga dengan misi Pemkot Yogya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Yogya dapat dirasakan seluruh masyarakat," imbuhnya. (Han)