Ruang Ekspresi Perempuan Kota Yogya dalam Lomba Line Dance

Umbulharjo - Perempuan merupakan ujung tombak dari program pembangunan Kota Yogyakarta, dari merekalah lahir generasi penerus yang cerdas dan berkualitas.

Hal itu dikatakan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo, pada kegiatan Senam Massal dan Lomba Line Dance sebagai rangkaian Peringatan Hari Kartini 2024 di lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta pada Minggu (28/4/2024) di Komplek Balai Kota.

Menurutnya peran perempuan sangat penting dalam berbagai aspek, dimulai dari lingkup terdekat yaitu keluarga, mereka berperan dalam mewarnai kebijakan-kebijakan yang diambil, begitu pula pada lingkup yang lebih besar dalam bermasyarakat.

“Peran serta dan ide-ide yang muncul dari perempuan akan sangat berdampak pada keberlangsungan pembangunan di Kota Yogya, kita percaya dengan bersatunya semua komponen organisasi perempuan seperti hari ini, dapat menguatkan sinergitas untuk saling kerja sama,” jelasnya.

Melalui rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kartini ini, lanjut Singgih, harapannya kita semua bisa semakin meneladani semangat perjuangan RA Kartini, dengan meningkatkan kualitas hidup perempuan Kota Yogya.

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogyakarta, Atik Wulandari mengatakan, dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kartini 2024, merupakan kerja sama antar lima komponen yaitu GOW, PKK, Bhayangkari, Darma Persatuan Wanita, dan Persatuan Istri Tentara (Persit) Kota Yogyakarta.

“Peringatan Hari Kartini 2024 dimeriahkan dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi pencegahan stunting, senam massal, bakti sosial, sosialisasi, dan puncaknya akan digelar pada 2 Mei mendatang. Dengan kolaborasi antar komponen ini harapannya, kita semakin menjiwai apa yang diperjuangkan oleh RA Kartini,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu peserta Wieny mengungkapkan harapannya agar kegiatan organisasi perempuan di Kota Yogya dapat terus berkembang.

“Perempuan punya ruang untuk berekspresi dan menuangkan gagasannya dengan beragam kegiatan, seperti hari ini kita senam dan lomba line dance yang merupakan bentuk ekspresi untuk para perempuan,” ungkapnya. (Jul)