Syawalan Calon Jamaah Haji Muhammadiyah Eratkan Persaudaraan

Kasihan-Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta menyelenggarakan syawalan dan mangayubagyo Jamaah Haji 1445H. Acara yang diikuti 3000 anggota ini digelar di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (30/4/2024).

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo. Dalam sambutanya, Singgih terkesan dengan antusiasme para anggota Muhammadiyah yang hadir. Menurutnya hal ini menunjukkan semangat dan komitmen yang tinggi dalam menjaga dan memperkokoh silaturahmi serta kebersamaan dalam persyarikatan Muhammadiyah.

"Saya saya terkesan dengan semangat silaturahmi yang tinggi. Ini juga membuktikan bahwa anggota Muhammdiyah sangat kompak. Ini merupakan momentum yang berharga untuk kembali merekatkan suasana persaudaraan di antara sesama anggota," katanya.

Untuk para calon jamaah haji, Singgih mengingatkan agar senantiasa menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan paripurna.

Ribuah anggota Muhammadiyah Kota Yogya memadati Sportorium UMY.

"Pelaksanaan ibadah haji merupakan rangkaian ritual ibadah yang cukup panjang untuk itu jaga selalu kondisi tubuh agar tetap fit," ungkapnya.

Pihaknya juga meminta agar seluruh jamaah mendoakan Kota Yogya supaya Kota pelajar ini tetap aman, tenteram, dan kondusif.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogya, Aris Madani menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan agar para anggota dapat saling memaafkan dan mendoakan antar sesama. 

"Alhamdulillah syawalan ini dapat dihadiri seluruh keluarga besar Muhammadiyah dengan meriah dan penuh kekerabatan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tahunan," tandasnya.

Salah satu calon jamaah haji, Sutarta mengatakan calon jamaah Haji dari Kota Yogya tahun ini diikuti sebanyak 391 jamaah yang terbagi dalam tiga kloter.  "Insyaallah waktu keberangkatan pada 25 Mei 2024 pukul 19.00 WIB masuk embarkasi," katanya.

Sementara untuk kegiatan manasik haji akan dilaksanakan di masjid Pangeran Diponegoro, Balaikota Yogya pada tanggal 1 Mei 2024.

Silaturrahmi dan Syawalan keluarga besar Muhammadiyah Kota Yogya ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan kreasi seni dan musik dari berbagai sekolah Muhammadiyah se-Kota Yogya. (Han)