Pemkot-Baznas Bantu Warga Berkebutuhan Khusus

Gondomanan - Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta memberikan alat bantu penyangga berjalan kepada salah satu anak yang merupakan warga berkebutuhan khusus di Kelurahan Panembahan dan bantuan gerobak angkringan bagi satu warga Kelurahan Prawirodirjan pada Jumat (10/5/2024). 

Pemberian alat bantu itu adalah bentuk perhatian Pemkot Yogyakarta bersama Baznas untuk membantu warga berkebutuhan khusus dalam beraktivitas, juga mendukung produktivitas warga sebagai upaya percepatan pengentasan kemiskinan. 

Bantuan itu diserahkan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo didampingi Baznas Kota Yogyakarta. Bantuan berupa alat bantu penyangga berjalan untuk pengidap cerebral palsy diberikan kepada Beril Alfa usia 3 tahun. Sementara bantuan gerobak angkringan diberikan kepada Basuki berusia 57 tahun. 

"Ini adalah bentuk perhatian dan komitmen dari Pemkot bersama Baznas kepada warga Yogyakarta yang memang membutuhkan bantuan," kata Singgih usai menyerahkan bantuan.

Pemberian bantuan gerobak angkringan. 

Pihaknya berharap dengan pemberian alat bantu itu dapat membantu aktivitas dan menambah semangat warga yang memiliki kebutuhan khusus. Menurutnya warga berkebutuhan khusus sangat membutuhkan alat bantu untuk bisa beraktivitas seperti berjalan dan bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. 

"Jadi ini salah satu bentuk dalam memberikan layanan secara inklusif. Sehingga warga berkebutuhan khusus tetap dapat mendapatkan haknya, termasuk dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar," ujarnya. 

Begitu juga dengan bantuan gerobak angkringan, lanjut Singgih, yang menjadi bagian dari upaya percepatan pengentasan kemiskinan. Memberikan bantuan produktif yang bisa meningkatkan perekonomiannya warga.

"Setelah mendapatkan bantuan ini, harapannya usaha angkringannya dapat berjalan lancar. Pendapatannya bisa mencukupi kebutuhan, dilakukan dengan sungguh-sungguh dan rezekinya semakin lancar," harapnya. 

Ibu dari Beril Alfa, Nurma menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada anaknya. Bantuan tersebut menurutnya menambah semangat baginya dan keluarga untuk merawat Beril dengan sebaik-baiknya. 

"Terima kasih banyak, sebentar lagi Beril genap berusia 3 tahun. Dengan alat bantu ini nanti bisa mendukung Beril untuk berlatih berjalan, supaya bisa main dan bersosialisasi dengan anak-anak sebaya di sini," tuturnya. 

Sementara itu penerima bantuan gerobak angkringan, Basuki (57) mengungkapkan harapan agar semakin banyak warga Kota Yogya yang juga mendapatkan bantuan produktif seperti yang dirinya terima. 

"Tentunya ini sangat membantu untuk mendukung saya dan keluarga dalam berdagang, semoga warga lainnya yang membutuhkan juga bisa dapat bantuan yang seperti ini," ungkapnya. (Jul)