Warga Kota Yogya Terima Bantuan Kursi Roda

Gedongtengen-Binar mata dan senyum bahagia terurai dari wajah Irianti warga kampung Jlagran RT 12 RW 03 Pringgokusuman, Gedongtengen ini saat menerima bantuan kursi roda dari Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo. Bantuan tersebut diberikan atas kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya.

Diusianya yang genap 68 tahun, ia menderita stroke. Kesehariannya ia hanya tidur dan berbaring di kamar. Ibu empat anak ini mengalami kelumpuhan sudah sejak tahun 2020.

"Awalnya tangan yang tidak bisa digerakkan, tapi lama-lama seluruh tubuh saya tidak bisa digerakkan," kata Irianti dirumahnya, Jumat (17/5/2024).

Meski memiliki 4 orang anak, kini Irianti hanya tinggal bersama sang suami dan satu orang putranya lantaran ketiga anak Irianti bekerja di luar kota. Sedangkan sang suami berjualan nasi goreng dan angkringan tidak jauh dari rumahnya.

Usai menerima bantuan tersebut, ia langsung meminta kepada sang suami yang dibantu oleh Penjabat Wali Kota Yogya untuk memakaikan kursi roda tersebut. Singgih juga menyempatkan diri mendorong langsung kursi roda yang diduduki Irianti.

Sambil didorong, Irianti mengucapkan banyak terimakasih kepada Penjabat Wali Kota atas bantuan tersebut. Menurutnya kursi roda ini sangat membantu dan memudahkannya dalam beraktivitas.

"Alhamdulilah terimakasih Pak Wali. Saya merasa diperhatikan, saya jadi termotivasi untuk terus beraktivitas dalam menjalani hidup," imbuhnya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo mengungkapkan sudah menjadi kewajiban Pemkot Yogya untuk membantu warganya yang membutuhkan.

"Ini merupakan upaya Pemkot dan Baznas Kota Yogya dalam memberikan kesejahteraan masyarakat yang berfokus pada kesehatan yang menunjang aktivitas sehari-hari," ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini berharap bantuan ini bisa meningkatkan semangat warganya.

"Jangan pernah merasa putus asa, karena dibalik kekurangan pasti memiliki kelebihan dan banyak hal yang masih bisa kita lakukan. Semoga dengan kursi roda ini kegiatan sehari-hari mereka bisa lebih mudah,’’ tuturnya.

Penjabat Wali Kota Yogya saat memberikan bantuan kursi roda kepada Sugimin Hadi Sutomo warga RT 43 RW 12 Muja-muju, Umbulharjo.

Sebelumnya, dihari yang sama, Singgih juga memberikan bantuan kursi roda kepada Sugimin Hadi Sutomo warga RT 43 RW 12 Muja-muju, Umbulharjo. Pria 48 tahun ini tidak bisa berjalan lantaran mengalami kecelakaan ditempat kerjanya. (Han)