Peringatan Harkitnas ke-116, Penguasaan Teknologi Tantangan Kebangkitan Kedua

Umbulharjo – Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 digelar di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta pada Senin (20/5/2024) pagi, dipimpin Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Tema Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 adalah Bangkit Untuk Indonesia Emas, upacara tersebut juga menjadi peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei lalu dengan tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar. Upacara diikuti oleh ASN dan pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan perwira upacara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Budi Santoso Asrori.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116.

Dalam amanatnya Singgih Raharjo menyampaikan, momen bersejarah Hari Kebangkitan Nasional menandai kebangkitan semangat persatuan dan kemerdekaan bangsa, yang diinspirasi dari kelahiran Budi Utomo pada tanggal yang sama di tahun 1908.

“Berdirinya Budi Utomo menjadi tonggak penting dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, sementara di era kebangkitan kedua ini, kita dihadapkan pada tantangan dan peluang baru seiring kemajuan teknologi digital, juga bonus demografi, yang mana bisa menjadi kekuatan dahsyat jika dipadukan dengan penguasaan teknologi,” tuturnya.

Peserta Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Singgih, Pemkot Yogyakarta terus berkomitmen untuk mendukung era kebangkitan kedua, dengan mengedepankan misi sesuai Rencara Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta, yaitu mempertahankan predikat sebagai Kota Pendidikan, Kota Pariwisata, Kota Budaya dan Kota Perjuangan.

“Selanjutya mewujudkan daya saing yang unggul dalam pelayanan jasa, nyaman dan ramah lingkungan, tata kelola pemerintahan yang baik bersih berkeadilan, demokratis dan berlandaskan hukum. Tetap menjadi kota yang aman, tertib, bersatu dan damai, pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas, menciptakan masyarakat yang bermoral beretika beradab dan berbudaya, serta mewujudkan Kota Yogyakarta Sehat,” ujarnya.

Penyerahan penghargaan kepada pemenang Kejuaraan MTQ KORPRI Kota Yogyakarta Tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada pemenang Kejuaraan MTQ KORPRI Kota Yogyakarta Tahun 2024. Dengan daftar pemenang dari Cabang Hifzh Qur’an Putra, Alwahyulhaq Jati Sasmito dari RSUD Kota Yogyakarta, Bayu Febrianto dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Shadri Saputra dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kemudian Cabang Hifzh Qur’an Putri, Yunisa Djayanti Putri dari RS Pratama Kota Yogyakarta, Rakhma Kusuma Wardhani dari BKPSDM, Wawuri Handayani dari RSUD Kota Yogyakarta.

Kemudian Cabang Dakwah Qur’an Putra, Arsidi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dwiyono dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda, Arofik dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sementara dari Cabang Dakwah Qur’an Putri, Maratu Shalikhah dari SMPN 4 Kota Yogyakarta, Sandra Astrie Kurniawati dari SDN Lempuyangwangi, dan Diah Retno dari SMPN 1 Kota Yogyakarta. (Jul)