Sister City Yogya-Hluboka nad Vltavou Saling Promosikan Even Pariwisata

Gondomanan-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya bersama Pemkot Hluboka nad Vltavou Republik Ceko menjalin kerjasama Sister City atau Kota Kembar untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki dari dua kota tersebut.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo dan Wali Kota Hluboka nad Vltavou, Tomáṣ̌ Jirsa di Taman Pintar, Senin (20/5/2024).

Ditemui usai melakukan penandatanganan, Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo menyambut baik kerjasama tersebut. "Ini jadi awal yang baik bagi kami, apalagi Republik Ceko juga sangat terbuka untuk sama-sama mempromosikan pariwisata," tandasnya.

Terkait kerjasama tersebut, lanjutnya, meliputi berbagai bidang diantaranya promosi pariwisata, pertukaran dan pertunjukan budaya, pengembangan usaha kecil dan menengah, serta pendidikan dan kepemudaan.

"Jadi banyak yang bisa kita optimalkan dan gali dengan adanya kerjasama ini misalnya dari sektor pariwisata dan budaya. Kota Yogya secara resmi telah menjadi Kota Festval, tentunya akan ada banyak festival. Termasuk saling mempromosikan kalender event pariwisata di Yogya dan Kota Hluboka nad Vltavou," ujarnya.

Menurut Singgih, antara Kota Yogya dan Hluboka nad Vltavou memiliki banyak kesamaan terutama dalam bidang pariwisata, budaya, maupun pendidikannya.

"Masing-masing kota menawarkan pengalaman unik untuk berwisata, selain itu juga sama-sama sebagai pusat budaya dan wisata terkemuka di negara kita masing-masing," jelasnya.

Wali Kota Hluboka nad Vltavou Republik Ceko , Tomáṣ̌ Jirsa saat berkunjung ke Taman Pintar, Senin (20/5/2024).

Pihaknya berharap dengan adanya kerjasama tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua kota tersebut.

“Kami berharap dengan ditandatanganinya kwrjasama ini memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua kota. Baik untuk Kota Yogya maupun Kota Hluboka nad Vltavou," katanya.

Hal sedana dikatakan Wali Kota Hluboka nad Vltavou, Tomáṣ̌ Jirsa, ia pun menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya Kota Yogya dan Kota Hluboka nad Vltavou sama-sama mempunyai kepedulian yang apik dalam upaya memilihara peninggalan leluhurnya.

"Salah satunya, dengan merawat bangunan-bangunan bersejarah di setiap sudut kota. Terutama, warisan yang berstatus cagar budaya," katanya.

Pihaknya berharap, melalui kerjasama dapat mempererat sinergi yang telah terjalin selama ini.

Usai penandatangan kerjasama, Singgih Raharjo bersama Tomáṣ̌ Jirsa meresmikan pameran foto yang diselenggarakan di Taman Pintar selama tiga hari. Pameran foto ini merupakan karya dari Richard Lhotsky dan Pavel Zvolanek yang juga merupakan warga Republik Ceko yang memgangkat tema Czechs in Indonesia. (Han)