Pj Ketua TP PKK Yogya Siap Dorong Keluarga Kelola Sampah   

DANUREJAN-Sugiharti Mulya Handayani selaku istri Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto dilantik sebagai Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Yogyakarta. TP PKK Kota Yogyakarta di bawah kepemimpinan Sugiharti siap mendorong keluarga dalam pengelolaan sampah di rumah tangga.

Sugiharti dilantik sebagai Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta oleh Wakil Ketua TP PKK DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X di Gedhong Pracimasono, pada Rabu (22/5/2024). Lalu dilakukan  pengukuhan Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta oleh Pj Walikota Yogyakarta Sugeng Purwanto selaku Ketua Pembina TP PKK Kota Yogyakarta.

Sugiharti menggantikan Penjabat Ketua TP PKK Atik Wulandari istri Pj Wali Kota Yogyakarta masa bakti 2023-2024 Singgih Raharjo yang purna tugas. Sugiharti mengatakan setelah pelantikan, pihaknya akan melihat dulu program kegiatan yang dilakukan Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta sebelumya saat dijabat Atik. Setelah itu akan mencermati langkah-langkah yang harus dilakukan PKK Kota Yogyakarta selanjutnya.

Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Sugiharti Mulya Handayani menandatangani berita acara pelantikan. 

“Kita akan melihat apa yang harus kita lakukan lebih lanjut. Terutama terkait dengan lingkungan dan sampah. Yang paling utama adalah memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah. Teknisnya dinas yang menangani, tetapi dari keluarga sendiri harus kita berikan edukasi untuk memulai pengelolaan sampah,” kata Sugiharti ditemui usai pelantikan.

Pengelolaan sampah menjadi salah satu perhatian Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY Adipati Paku Alam X saat pelantikan Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Menurutnya PKK berhadapan dengan berbagai dinamika. Namun ada satu tantangan yang memerlukan perhatian kita lebih mendalam dan kian mendesak yaitu peningkatan kesadaran dan aksi nyata terhadap pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

“Di mulai dari inti masyarakat kita yaitu keluarga. Mari bersama-sama memperkuat komitmen kita untuk menjadikan setiap rumah di Yogyakarta sebagai contoh nyata dari keharmonisan antar manusia dan alam. Bersama-sama kita akan mendemonstrasikan bahwa kesadaran lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik akan membawa manfaat yang berlimpah,” tutur Adipati Paku Alam X.

Pj Wali Kota Yogyakarta dan PJ Ketua TP PKK Kota Yogyakarta berfoto bersama Wakil Gubernur DIY Adipati Paku Alam X usai pelantikan.

Sementara itu Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRay, Adipati Paku Alam X saat membacakan sambutan Ketua TP PKK DIY, GKR Hemas mengucapkan selamat kepada Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo. Diharapkan keduanya dapat bekerja sebaik-baiknya. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja dan pengabdian Pj TP PKK Kota Yogyakarta sebelumnya Atik Wulandari.

“Saya berharap Pj Ketua TP PKK dan jajaran PKK segera mengambil langkah-langkah yang terencana visioner inovatif dan inklusif.  Pj Ketua PKK diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi  anggota masyarakat luas dan terlibat aktif dalam program-program PKK dan membangun keluarga sejahtera,” pungkas GKBRAy.(Tri) 

Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto dan Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Sugiharti Mulya Handayani berfoto bersama dengan Pj Wali Kota Yogyakarta periode 2023-2024 Singgih Raharjo dan istrinya Atik Wulandari bersama jajaran PKK Kota Yogyakarta.