Konvoi Motor Plat Merah Tua Awali Rangkaian HUT Pemkot Yogya

Umbulharjo-Mengawali rangkaian peringatan HUT ke-77 Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya yang jatuh pada tanggal 7 Juni 2024, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan ziarah ke mantan Wali Kota.

Uniknya, kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan kendaraan dinas roda dua ber plat merah. Kendaraan yang digunakan pun merupakan kendaraan dinas dengan usia yang bervariatif mulai dari Honda Astrea Star yang diproduksi tahun 1986 hingga motor keluaran terbaru seperti Honda Revo.

Berangkat dari halaman air mancur Balaikota, ratusan ASN ini dilepas oleh Sekda Kota Yogya Aman Yuriadijaya. Pada kesempatan tersebut Aman mengatakan iring-iringan kendaraan tersebut merupakan pembuka rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 Pemkot Yogya.

"Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk mengingat kembali jasa sekaligus mendoakan para sosok yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Yogya," bebernya dihalaman air mancur Balaikota, Senin pagi (3/7/2024).

Aman mengungkapkan kegiatan tersebut sengaja menggunakan kendaraan dinas roda dua agar menumbuhkan rasa kebersamaan antar ASN Pemkot.

"Tak hanya itu, agar momentum ini dapat berkesan bagi ASN Pemkot. Harapannya juga di usia yang sudah matang ini Pemkot Yogya dapat terus maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman," imbuhnya.

Ratusan ASN Pemkot Yogya melakukan ziarahan ke mantan Wali Kota Yogya yang berada di TMP Kusuma Negara.

Aman berharap dengan kegiatan tersebut para ASN Pemkot Yogya mampu meneladani jasa-jasa yang dilakukan oleh mantan Wali Kota.

Pihaknya juga mengajak seluruh jajaran ASN Pemkot Yogya agar ikut memeriahkan dan berkontribusi dalam menyemerakkan HUT ke 77 Pemkot Yogya.

“Karena dengan hal tersebut akan menambahkan kekompakan kita. Semoga HUT ke 77 Pemkot Yogya bisa lebih greget dari tahun-tahun sebelumnya dengan berbagai aktivitas yang juga mendukung pembangunan di wilayah Kota Yogya,”ujarnya.

Usai dilepas, rombongan ini melanjutkan perjalanan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara yakni makam Soegiarto yang merupakan Wali Kota Yogya periode 1981-1986. Di TMP ini, selain berziarah ke makam Soegiarto, juga dilakukan ziarah ke makam Jendral Besar Soedirman.

Ratusan ASN Pemkot Yogya saat sedang berziarah di TMP Kusumanegara

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke arah selatan, yakni menuju Makam Karangkajen yang merupakan makam Wali Kota Yogya periode 1991-2001 R.Widagdo.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Pemerijtahan dan Kesejahteraan Rakyat, Wirawan Haryo Yudho mengatakan acara ini merupakan bentuk penghormatan kepada para Wali Kota terdahulu.

ASN Pemkot saat sedang berziarah ke Makam Karangkajen.

"Ini memang agenda tiap tahun. Tentunya banyak jasa beliau dalam pembangunan Kota Yogya. Harapannyan nantinya dapat menjadi suri tauladan bagi ASN Pemkot dalam rangka mengabdi bangsa dan negara," katannya. (Han/Hes)