FKDM Garda Depan Wujudkan Ketertiban Wilayah

Ngampilan-Untuk menjaga kondusivitas dan meminimalisir potensi gesekan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada bulan November 2024 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menggandeng Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto menuturkan meski saat ini secara umum Kota Yogya dalam keadaan kondusif, namun ia meminta para anggota FKDM agar selalu waspada dan tanggap.

Dipilihnya FKDM, lantaran FKDM merupakan garda terdepan dalam menjaga kenyamanan, keamanan, dan ketertiban karena berada langsung ditengah masyarakat.

"Apalagi FKDM di Kota Yogya sudah terbentuk hingga tingkat kelurahan," katanya saat membuka FGD FKDM Kota Yogya di Kantor Kemantren Ngampilan, Rabu (12/6/2024).

Dengan menggandeng FKDM, lanjutnya, pemerintah akan memperoleh berbagai informasi terkait potensi ancaman sehingga dapat melakukan pencegahan secara cepat.

"Peran FKDM menjadi sangat penting dalam mengantisipasi datangnya ancaman. Prinsip temu cepat dan lapor cepat menjadi dasar dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi FKDM," ungkapnya.

Sugeng berharap Pemkot Yogya dan FKDM dapat terus bersinergi demi tercapainya Kota Yogya yang nyaman dan aman. "Terutama pada saat masa kampanye sampai pasca Pilkada," imbuhnya.

Pemkot dan FKDM Kota Yogya bersinergi jaga kondusivitas jelang Pilkada November 2024.

Sementara itu Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan, Anif Luhur Kurniawan mengungkapkan seluruh warga Ngampilan telah berkomitmen dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah tersebut.

 “Tidak hanya menjaga kondusifitas jelang Pilkada 2024 namun juga memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar," bebernya. (Han)