Pemkot Yogya Salurkan Bantuan Hewan Kurban

UMBULHARJO - Sebanyak tiga hewan kurban sapi bantuan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, BPD DIY Cabang Senopati, serta Bank Jogja diterima oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto, Jumat (14/6) di Halaman Parkir Puskesmas Umbulharjo II Komplek Balaikota Yogyakarta.

Ketiga sapi tersebut disalurkan kepada penerima bantuan kurban yakni untuk satu ekor sapi dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta diterima oleh Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota.

Selain itu, bantuan satu ekor sapi dari BPD DIY Cabang Senopati diterima Masjid Jami' Karangkajen Kemantren Mergangsan, dan bantuan satu ekor sapi dari Bank Jogja diterima oleh Perangkat Daerah Kota Yogyakarta yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pada kesempatan tersebut, Sugeng menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang mendalam kepada ketiga pemberi bantuan hewan kurban Tahun 2024. 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto saat menyalurkan bantuan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota.

Menurutnya, hal ini merupakan bukti nyata kepedulian dan komitmen bersama dalam mewujudkan rasa syukur dan berbagi kepada sesama, khususnya bagi mereka yang membutuhkan.

“Terimakasih dan syukur atas perhatian dari pemberi bantuan tahun ini. Mudah-mudahan hewan kurban ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dengan disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar berhak dan membutuhkan, yaitu kaum miskin dan kaum duafa,”jelas Sugeng saat memberikan sambutan.

Ia berharap, penyerahan hewan kurban ini bukan hanya sekedar tradisi, tetapi memiliki makna ketaatan, keikhlasan, dan kepedulian. Sehingga pengorbanan dan semangat berbagi, kepedulian serta perhatian dapat terus tersalurkan.

“Saya berharap, daging kurban yang dibagikan nantinya dapat memberikan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat dan menjadikan momen Idul Adha ini sebagai pengingat untuk selalu bersyukur, beramal dan bersedekah terhadap sesama,”ungkapnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan kurban, Sekretaris Masjid Jami' Karangkajen Indra Suryanto mengucapkan rasa syukurnya menjadi salah satu penerima bantuan dari BPD DIY Cabang Senopati. 

Sugeng Purwanto saat menerima bantuan dari BPD DIY Cabang Senopati yang disalurkan kepada Masjid Jami' Karangkajen Kemantren Mergangsan.

Pihaknya mengungkapkan, bantuan yang diberikan merupakan hal yang pertama diterimanya. Nantinya, sapi yang telah diberikan akan dibagikan ke warga sekitar dan beberapa masjid yang telah mengajukan permintaan daging kurban di Masjid Jami' Karangkajen.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada BPD DIY. Bantuan ini akan kita manfaatkan untuk berbagi bersama kepada warga sekitar dan beberapa masjid yang mengajukan kepada kita. Harapannya, bantuan yang diberikan akan bermanfaat bagi warga yang menerima,”ujarnya. (Hes)