Peringatan HKG PKK Ke-52 Dorong Inovasi Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

 


 

Umbulharjo - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Giwangan menyabet juara pertama untuk dua kategori lomba yang diselenggarakan TP PKK Kota Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Kota Yogyakarta, yaitu lomba Pola Asuh Anak Era Digital (PAAR EDI) dan lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) atau  Gerakan Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi).

 

Salah satu perwakilan dari TP PKK Kelurahan Giwangan, Murjilah menyebutkan bahwa kegiatan tersebut bukan sekadar perlombaan, namun sebuah bentuk komitmen TP PKK Kelurahan Giwangan untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya perempuan dan anak.

 

“Untuk PAAR EDI sendiri kita punya yang namanya Pondok Sapa adalah Sahabat Perempuan dan Anak dimana kita membuka ruang konsultasi untuk ibu, remaja dan anak, ada pembinaan karakter dan kesadaran bela negara,” jelasnya setelah menerima piagam dan uang pembinaan pada acara Puncak HKG PKK ke-52 di Ruang Bima Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Jumat (14/6).

 

Pihaknya juga mengungkapkan program Gelari Pelangi, TP PKK Kelurahan Giwangan memiliki lima program yaitu gerakan membaca melalui taman baca masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan melalui rumah dilan, kampung mandiri untuk memanfaatkan potensi yang ada di wilayah, gerakan UP2KP dan gerakan koperasi.

 

“TP PKK Kelurahan Giwangan juga akan maju ke tingkat provinsi untuk lomba AKU HATINYA PKK, yaitu Amalkan, Kukuhkan, Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Dan kedepannya kita akan meningkatkan untuk pokja 4 yaitu administrasi Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Jadi target tahun depan di bidang kesehatan,” ujar Murjilah.

 

Pada acara Puncak HKG PKK ke-52 tingkat Kota Yogyakarta diumumkan empat kategori lomba, yaitu lomba PAAR EDI, lomba UP2K PKK (Gelari Pelangi), lomba Aku Hatinya PKK dan lomba Administrasi IVA. Untuk lomba PAAR EDI juara pertama TP PKK Kelurahan Giwangan, TP PKK Kelurahan Mantrijeron sebagai juara kedua dan juara ketiga dari TP PKK Kelurahan Purwokinanti.

 

Kategori Lomba UP2K PKK (Gelari Pelangi) dimenangkan berturut-turut oleh TP PKK Kelurahan Giwangan, TP PKK Kelurahan Rejowinangun dan TP PKK Kelurahan Semaki. Kemudian TP PKK Kelurahan Semaki, TP PKK Kelurahan Brontokusuman dan TP PKK Kelurahan Suryodiningratan menjuarai lomba Aku Hatinya PKK.

 

Sementara lomba Administrasi IVA, juara pertama dimenangkan oleh TP PKK Kelurahan Suryodiningratan, juara kedua TP PKK Kelurahan Kadipaten dan TP PKK Kelurahan Ngupasan untuk juara ketiga.

 

Dalam hal ini, Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Sugiharti Mulya Handayani mengapresiasi kinerja seluruh TP PKK yang berada di wilayah.

 

“Tentu harapannya untuk lebih aktif lagi dalam melaksanakan program-programnya. Karena TP PKK menjadi penggerak dan membangun dari tingkat terkecil yaitu keluarga ke wilayah yang lebih luas lagi,” tuturnya. (Chi)