Jogja Takbir Festival Sebarkan  Syiar Islam Lewat Drama Musikal

UMBULHARJO- Pawai takbir menyemarakkan Iduladha bertajuk Jogja Takbir Festival 2024 digelar di sepanjang Jalan Kapas, Jalan Kenari sampai di depan Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta pada Rabu (19/6/2024) malam. Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung dan mengapresiasi Jogja Takbir Festival yang diadakan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Yogyakarta itu.
Jogja Takbir Festival 2024 menampilkan pawai takbir dengan berbagai kostum, maskot seperti perahu, kereta kencana, semangka lampion serta iringan musik drum band, band sampai alat musik tradisional. Jogja Takbir Festival 2024 juga tampil dengan konsep treatikal drama musikal di titik akhir di depan Rumah Dinas Wali Kota Yogyakarta. Para peserta tampil  sesuai tema Jogja Takbir Festival 2024 yaitu syiar Islam dalam syair  perdamaian (Palestina). 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto memukul gong menandai Jogja Takbir Festival 2024 dimulai.


Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengatakan Pemkot Yogyakarta menyambut baik dan mengapresiasi Jogja Takbir Festival 2024. Menurutnya kegiatan itu sebagai wujud umat Islam untuk selalu membesarkan dan mengingat nama Allah SWT.
 "Ini bagian penting dari umat Islam untuk selalu mentakbirkan nama Allah SWT. Ini sebagai pengingat bahwa kita adalah hamba-Nya untuk selalu membesarkan nama Allah SWT," kata Sugeng saat membuka Jogja Takbir Festival 2024.

Salah satu peserta Jogja Takbir Festival menampilkan maskot perahu. 


Sugeng menyatakan takbir menjadi penanda dirayakannya Iduladha dan mengantarkan suasana penuh religi sukacita dan kemeriahan dari Jogja Takbir Festival. Pihaknya berharap takbir dengan tema syiar Islam dalam syair perdamaian dapat  tercermin dalam kehidupan  sehari-hari. Harapannya bangsa ini dan khususnya Kota Yogyakarta selalu dalam kondisi aman, damai, tentram dan sejahtera.
"Harapan kami festival ini menjadi suatu momentum meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah dengan tetap semangat menggemakan takbir," paparnya.

Peserta Jogja Takbir Festival membawa lampion dan maskot semangka sebagai simbol perjuangan dan solidaritas untuk Palestina.

Sementara itu Ketua Pimpinan  Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta  Aris Madani menyampaikan atas nama PDM Kota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Yogyakarta yang telah memberikan izin dan fasilitas dalam melaksanaan kegiatan Jogja Takbir Festival 2024. "Insya Allah ini (Jogja Takbir Festival) menjadi syiar bagi kegiatan dakwah di Kota Yogyakarta, " ucap Aris.
Adapun Jogja Takbir Festival 2024 diikuti 14 kafilah atau tim peserta dari kelompok pengajian anak-anak maupun remaja masjid di Kota Yogyakarta Kegiatan itu salah satunya memperebutkan Piala Wali Kota Yogyakarta. Masyarakat pun antusias menyaksikan Jogja Takbir Festival di sepanjang jalan di utara dan timur Balai Kota Yogyakarta.(Tri)

Salah satu peserta Jogja Takbir Festival menampilkan teatrikal perang.