Perpus Kota Yogya Tawarkan Program Rekreatif dan Edukatif pada Masa Libur Sekolah

Gondokusuman – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) memberikan kesempatan bagi pelajar SD hingga SMP untuk menikmati program rekreatif sekaligus edukatif pada masa libur sekolah selama 2 hari pada 3 hingga 4 Juli mendatang secara gratis dalam kegiatan Liburan di Perpus Kota Melalui Literasi Kreasi Anak.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan secara rutin pada setiap momen liburan sekolah pihaknya menawarkan program rekreatif yang juga edukatif di Perpustakaan Kota maupun Pevita bagi pelajar secara gratis.

“Selain melalui program Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta atau SASKIA, ada juga Liburan di Perpus Kota yang menawarkan program kegiatan belajar sambil berkreasi bagi anak-anak ataupun pelajar di Kota Yogya,” katanya pada Jumat (21/6/2024).

Menurutnya selain sebagai media rekreatif dan peningkatan literasi, kegiatan Liburan di Perpustakaan juga bertujuan untuk mendekatkan perpustakaan pada anak-anak. Sehingga anak-anak bisa merasa kalau belajar itu merupakan kegiatan yang menyenangkan.

“Ini menjadi salah satu tugas kami bagaimana agar anak-anak, pelajar di Kota Yogya familiar dengan Perpustakaan. Punya pengalaman yang menarik ketika belajar, membaca serta berkegiatan di Perpustakaan. Untuk itu program Liburan di Perpus Kota hadir, ini juga merupakan cara untuk meningkatkan penggunaan layanan perpustakaan yang bermuara pada peningkatan budaya kegemaran membaca,” terangnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan Liburan di Perpus Kota dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi anak-anak juga pelajar di Kota Yogya, di mana masa liburan sekolah selain diisi dengan kegiatan rekreatif juga bisa dilakukan dengan kegiatan yang edukatif sehingga momen liburan sekolah menjadi lebih produktif dan berkualitas.

Liburan di Perpus Kota dengan tema “Bermain Seru di Wahana Literasi Perpustakaan Kota Yogyakarta” dapat diikuti pelajar kelas 4 hingga 6 SD/MI serta kelas 7 hingga 8 SMP/MTS dengan kuota 70 peserta untuk 4 kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari pada Rabu dan Kamis 3-4 Juli 2024 di area terbuka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Jalan Letjend Soeprapto Nomor 33 Ngampilan.

Ragam kegiatan yang akan dilaksanakan terdiri dari Kreasi Gesek Godong di Tas Kecil, Kreasi Batik Abstrak di Sapu Tangan, Kreasi Kipas Deco, dan Melukis Cangkir Enamel, yang juga bekerja sama dengan Komunitas Omah Kreatif Loedji 16 sebagai instruktur kegiatan. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada laman bit.ly/liburpuskot2024 atau nomor whatsapp 0812 2721 7877 (Murhayati). (Jul)