Pembekalan Calon Paskibraka Kota Yogya, Beri Penguatan Nilai Pancasila

 

Umbulharjo - Sebanyak 38 putra dan putri Kota Yogyakarta mulai melaksanakan pembekalan calon paskibraka (capas) di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Jumat (21/6). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seluruh proses kegiatan paskibraka melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta.

 

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya memberikan apresiasi kepada calon paskibraka yang telah melewati proses seleksi administrasi dan fisik sehingga dapat bergabung mengikuti proses pembekalan.

 

Tentu rasa bangga saya berada di tengah adik-adik Paskibra Kota Yogyakarta tahun 2024. Oleh karenanya, rasa bangga itu tidak hanya diri saya tetapi harus ada di adik-adik semuanya,” tutur Aman pada acara pembekalan calon paskibraka.

 

Sekretaris Daerah Kota Yogya, Aman Yuriadijaya

 

Aman mengatakan dengan rasa bangga yang ada dalam hati para adik-adik calon paskibraka maka harus dilanjutkan dengan kerja yang lebih keras. Menurutnya, calon paskibraka harus bisa mewujudkan tujuan paskibraka yang disiplin, berjiwa nasionalisme, bertanggung jawab dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

 

“Calon paskibraka harus bekerja keras, tangguh dan ulet dalam menjalani setiap proses yang ada karena semuanya akan menuju tujuan paskibraka. Anggota Paskibra Kota Yogyakarta tahun 2024 tidak boleh bekerja sendiri-sendiri karena ini adalah satu kesatuan. Jadi, kebanggaan itu harus tindaklanjuti dengan kerja keras tetapi tidak boleh bekerja sendiri-sendiri tapi satu kesatuan sehingga harus tumbuh jiwa korsa,” tambahnya.

 

Aman Yuriadijaya memberikan ucapan selamat kepada calon paskibrakan tahun 2024

 

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Nindyo Dewanto berharap pelaksanaan persiapan calon paskibraka 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Pihaknya menyebutkan proses paskibraka tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya saja lebih ke penguatan nilai-nilai ideologi Pancasila. Tidak hanya fisik namun pihaknya berharap generasi muda lebih aware dan lebih memperhatikan moral nilai-nilai Pancasila untuk diimplementasikan ke kehidupan mereka sehari-hari.

 


Foto bersama calon paskibraka tahun 2024

 

Sudah kita susun nanti terkait dengan pendidikan pancasila dengan wawasan kebangsaan dan bela negara yang akan selalu kita ikutkan, jangan sampai dalam setahun ketugasannya hanya pengibaran bendera saja tetapi banyak hal yang harus kita tanamkan. Di satu sisi mereka tetap bersekolah tetapi di sisi lain kita tetap ingin melibatkan anak-anak mewujudkan rasa bangga cinta tanah air itu dengan kegiatan-kegiatan di Badan Kesbangpol,” jelas Nindyo. (Chi)