Penguatan Koperasi Dorong Peningkatan Ekonomi Lokal

Umbulharjo - Koperasi memiliki peran yang penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, untuk itu pengembangan koperasi harus kita dorong bersama untuk meningkatkan perekonomian lokal.

Hal itu dikatakan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Yogyakarta Tahun Buku 2024 pada Sabtu (22/6) di Edotel Kenari.

Pihaknya menyampaikan saat ini di Kota Yogya terdapat kurang lebih 345 koperasi anggota Dekopinda yang aktif. Untuk itu dengan jumlah yang cukup besar tersebut diharapkan pemberdayaan koperasi dapat terus ditingkatkan, baik dari segi penguatan kapasitas usaha, maupun kapasitas kelembagaan.

“Di tengah ekonomi pasar bebas sekarang ini, penguatan koperasi menjadi satu hal penting dengan tetap berpegang pada prinsip dasar koperasi seperti demokratis, kebersamaan, kekeluargaan dan keterbukaan. Kita harapkan bersama agar koperasi dapat terus eksis dalam upaya peningkatan kesejahteraan bagi anggota koperasi dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Sugeng mengatakan koperasi juga merupakan bagian dari mitra pemerintah dalam menumbuhkan dan mengembangkan potensi dan akses ekonomi yang lebih luas kepada masyarakat. Baik itu melalui koperasi simpan pinjam ataupun koperasi pada sektor riil.

Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kota Yogyakarta, Iskandar menyatakan koperasi di Kota Yogya akan terus didorong menjadi koperasi modern dengan memanfaatkan teknologi dan informasi, di tengah arus digitalisasi yang tidak dapat terhindarkan.

“Program digitalisasi koperasi dalam manajemen serta tata kelola koperasi merupakan satu hal yang terus kami dorong saat ini, mengingat perkembangan zaman dan teknologi begitu cepat, maka kita juga harus menyesuaikan diri dan beradaptasi,” terangnya.

Sejalan dengan itu Ketupa Dekopinda DIY, Syahbenol Hasibuan mengungkapkan Kota Yogya menjadi yang kedua dalam melakukan Rakerda Tahun Buku 2024, dengan itu diharapkan program kerja yang nantinya direncanakan dapat segera direalisasikan untuk kemajuan koperasi di Kota Yogya.

“Kami harap Dekopinda Kota Yogya dapat selalu menjaga kesatuan dan persatuan, kekompakan sesama pengurus bersama anggotanya, agar program kerja berikutnya bisa bermanfaat bagi gerakan koperasi di Kota Yogya,” ungkapnya. (Jul)

Rakerda Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Yogyakarta Tahun Buku 2024 pada Sabtu (22/6) di Edotel Kenari.