Dua Jamaah Haji Lansia Kota Yogya Meninggal di Tanah Suci

Umbulharjo-Dua jamaah haji dari Kota Yogya meninggal dunia usai menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Kedua jamaah haji ini adalah Basuki DM Darmowiyarjo usia 74, warga Jalan Sidikan Nomor 66 Umbulharjo dan Tri Gunarsih usia 63, warga Sambirejo, Prenggan, Kotagede.

Kepala Seksi Pelaksanaan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah (Kanwil) Kota Yogya, Muhammad Tahrir mengatakan dua jamaah tersebut tergabung dalam kloter 47 SOC. Sebelum meninggal kedua jamaah ini sempat di rawat di Rumah Sakit Mina Al-Wadi.

Ia menjelaskan sama seperti prosedur sebelumnya, jamaah haji yang meninggal tidak dipulangkan ke Indonesia namum dimakamkan di Mekkah. Sebelum dimakamkan mereka disholatkan terlebih dahulu di Masjidil Haram.

"Keduanya telah dimakamkan di Arab Saudi sesuai dengan hukum setempat. Dua Jamaah ini merupakan lansia yang memiliki penyakit bawaan," bebernya saat dihubungi, Jumat (28/6/2024).

Muhammad Tahrir mengatakan dua jamaah tersebut meninggal sekitar seminggu yang lalu setelah melakukan prosesi ibadah di Armuzna. "Meninggalnya setelah selesai pelaksanaan ibadah. Jadi mereka sudah haji," katanya.

Menurutnya salah satu penyebab meninggalnya dua jamaah ini adalah cuaca panas ekstrem di Arab Saudi. "Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan dehidrasi dan penurunan daya tahan tubuh. Apalagi kedua jamaah ini sudah memiliki penyakit bawaan," imbuhnya.

Ia mengungkapkan untuk menjaga kondisi fisik para jamaah, para dokter pendamping terus melakukan pemeriksaan kesehatan secara intensif. Ini dilakulan untuk mengantisipasi potensi meninggalnya jamaah lain.

“Tiap kloter ada dokter pedampingnya, mereka rutin melakukan pemeriksaan kesehatan misalnya cek tensi, agar jika terjadi sesuatu dengan para jamaah dapat diantisipasi sejak dini," ungkapnya.

Dengan meninggalnya dua orang jamaah tersebut, kloter 47 SOC kini berjumlah 348 jamaah. Kloter ini akan tiba di Bandara Adisumarmo pada hari Sabtu 6 Juli 2024 pukul 05:45 WIB.

"Usai terbang dari Arab Saudi, mereka akan ditransitkan ke Asrama Donohudan kemudian diantar menuju ke Balaikota Yogya dan dijemput oleh keluarganya," tandasnya.

Sementara dua kloter yang lain yakni kolter 46 SOC dengan tiga jamaah akan tiba di Bandara Adisumarmo pada hari yang sama pukul 00:45 WIB. Sedangkan kolter 52 SOC dengan enam jamaah akan tiba di Bandara Adisumarmo pada hari Minggu 7 Juli 2024 Pukul 14:45 WIB.

Pihaknya pun mengimbau kepada para jamaah haji untuk tetap menjaga fisiknya masing-masing, walau rangkaian prosesi ibadah haji 2024 telah usai.

"Kami berharap, para jamaah haji yang telah selesai melaksanakan ibadah haji tetap menjaga fisik atau kondisi tubuh dengan baik. Agar, saat pulang ke tanah air tetap sehat walafiat dan selamat," pesannya. (Han)