Dishub Ajak Masyarakat Sebagai Pelopor Keselamatan Lalu-Lintas

Umbulharjo-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya meluncurkan program Peningkatan Kinerja Taman Keselamatan Lalulintas dengan Sinergi Melibatkan Masyarakat atau disingkat Pentas Sahabat.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Yogya, Harry Purwanto mengatakan program Pentas Sahabat adalah program yang mengajak masyarakat agar berperan aktif dalam peningkatan pemahaman etika berlalulintas khususnya pada anak-anak usia dini.

"Dalam program ini kita melibatkan lebih banyak masyarakat untuk berperan aktif dalam peningkatakan program pemahaman etika berlalulintas," katanya saat ditemui di Taman Lalulintas, Kamis (4/7/2024).

Pihaknya pun telah melakukan pemberian pelatihan kepada lebih dari 50 guru TK se Kota Yogya agar nantinya mereka ikut menjadi pelopor keselamatan lalulintas.

"Kita sudah melatih 50 guru TK yang diharapkan nantinya mereka juga ikut menjadi pelopor keselamatan lalulintas dengan mengajak murid-muridnya datang ke taman lalulintas untuk belajar bersama terkait dengan edukasi dan etika berlalulintas," ujarnya.

Menurutnya kesadaran mengenai keselamatan berlalu lintas perlu terus ditingkatkan karena banyak pengguna jalan yang belum memiliki kesadaran berlalu lintas yang baik.

"Edukasi keselamatan berlalu lintas harus dilakukan sejak dini agar hal tersebut tertanam sampai mereka dewasa. Meskipun usia mereka masih kecil, namun mereka sudah menjadi pengguna jalan," bebernya.

Dalam peluncuran program ini juga mengundang puluhan anak-anak TK. Anak-anak ini mendapatkan pengarahan berbagai Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) seperti rambu dilarang parkir, rambu dilarang berhenti, larangan kendaraan mobil lewat dan lainnya.

Mereka juga dikenalkan tentang warna-warna lampu APILL seperti lampu merah kendaraan harus berhenti, lampu kuning harus berhati-hati, dan lampu hijau kendaraan boleh berjalan kembali.

Suasana penuh kegembiraan sangat terasa, dimana anak-anak ini begitu antusias bermain sembari menyimak penjelasan dari para petugas.

Tak hanya sebatas teori saja, anak-anak ini pun melakukan praktik berkendara dengan sarana sepeda, mobil listrik, dan otoped yang dipandu personel dari Dishub Kota Yogya. 

Anak-anak saat melakukan praktik berkendara dengan sarana sepeda, mobil listrik, dan otoped yang dipandu personel dari Dishub Kota Yogya. 

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Komisi C DPRD Kota Yogya, Ririk Banowati Purnamasari. Ia pun sangat menyambut baik peluncuran program tersebut agar tingkat kecelakaan di jalan raya dapat ditekan. Menurutnya edukasi harus tetap digalakkan sebagai upaya mitigasi.

"Makanya, butuh pembelajaran pada anak-anak, supaya mereka dapat memahami etika berlalu lintas sejak dini," ungkapnya. (Han)