351 Jamaah Haji Kota Yogya Tiba, Disambut Haru Keluarga

Boyolali-351 jamaah haji Kota Yogya yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 46 SOC dan 47 SOC pagi ini Sabtu (6/7/2024) telah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Mereka tiba di Asrama Haji Donohudan sekitar pukul 06:57 WIB. Tak lama berada di Asrama Donohudan, ratusan jamaah ini kembali di berangkatkan menuju Balaikota Yogya. 

Raut wajah bahagia bercampur haru terpancar dari para jamaah haji ini saat bus yang mereka tunggangi memasuki area Balaikota Yogya. Seluruh jamaah tiba dalam keadaan baik dan sehat. 

Sesampainya di Balaikota Yogya para jamaah haji ini disambut oleh Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto. Orang nomor satu di Kota Yogya ini juga ikut menyapa para jemaah haji yang datang. 

Pada kesempatan tersebut, Sugeng mengungkapkan rasa syukurnya atas kembalinya jamaah haji ke Kota Yogya. "Alhamdulilah semua berjalan dengan lancar dan para jamaah dapat bertemu keluarganya kembali," ujarnya.

Pihaknya berharap melalui pelaksanaan ibadah haji ini dapat meningkatkan Ukhuwah Islamiah serta menjalin hubungan yang baik antar umat beragama.

"Jamaah haji juga dapat berperan menjadi teladan di masyarakat guna bersama-sama membangun Kota Yogya menjadi lebih baik lagi ke depannya," bebernya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto saat menyapa para jamaah.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogya, Nadhif mengatakan rombongan jamaah haji Kota Yogya di bagi menjadi tiga kloter. Untuk kloter terakhir adalah kloter 52 SOC yang akan tiba di Asrama Donohudan pada hari Minggu 7 Juli 2024 pukul 14:45 WIB.

"Diperkirakan kloter ini akan sampai di Balaikota Yogya pukul 18:00 WIB. Ada enam jamaah di kloter tersebut ," jelasnya.

Ia mengimbau kepada para jamaah haji untuk tetap menjaga fisiknya masing-masing, walau rangkaian prosesi ibadah haji 2024 telah usai. "Kami berharap, mereka tetap menjaga fisik atau kondisi tubuh dengan baik," pesannya. 

Pihaknya pun telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogya agar para petugas dapat terus memantau para jamaah tersebut. (Han)