PDAM Tirtamarta Rutin Cek Sumber Air Baku

Cangkirngan-Pagi ini, Selasa (9/7/2023) Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto meninjau dan mengecek secara langsung sistem perpipaan milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta.

Berangkat dari Kantor PDAM Tirtramarta pukul 08:00 WIB didampingi Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya serta Perangkat Daerah terkait menuju ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Padasan yang berada di Kapanewon Pakem, Sleman.

IPA tersebut berfungsi untuk menampung air dari dua umbul yakni Umbul lanang dan Umbul Wadon yang kemudian dialirkan untuk para pelanggan.

Selain meninjau sistem perpipaan, di tempat tersebut, orang nomor satu di Kota Yogya ini juga meninjau bak reservoir. Dalam peninjauan tersebut tidak ditemukan kebocoran ataupun kerusakan pipa. Kondisi bak reservoirnya pun bersih dari lumpur.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto saat berada di IPA Padasan.

"Kita lakukan pengecekkan dan kontrol peralatan, kalau ada yang bocor atau rusak, akan langsung dilakukan perbaikan. Bak reservoirnya juga bersih karena memang rutin dilakukan pengurasan," ungkap Sugeng dilokasi.

Usai meninjau IPA Padasan, rombongan ini melanjutkan perjalannnya menuju sumber air baku PDAM Tirtamarta di Umbul Wadon dan Umbul Lanang yang berada di objek wisata alam Plunyon Kalikuning, Kapanewon Cangkringan.

"Sama seperti sebelumnya, ini juga untuk mengecek sistem perpipaan yang ada. Selain itu juga untuk memastikan debit air di kedua umbul tersebut dalam kondisi bagus atau tidak," katanya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto bersama rombongan saat sedang menuju Umbul Lanan dan Umbul Wadon.

Meski jalur menuju ke dua umbul ini cukup berat lantaran harus melewati bebatuan terjal dan menuruni tebing, namun dibayar lunas dengan keindahan alam di area tersebut.

Sugeng berharap agar seluruh masyarakat dapat ikut andil dalam menjaga alam di sekitar umbul tersebut agar mereka juga memahami betapa pentingnya mata air tersebut bagi kehidupan.

"Harapannya debit air di kedua umbul ini tetap melimpah agar lebih banyak lagi masyarakat di Kota Yogya yang dapat menikmatinya,” katanya. (Han)