Peringati Hari Anak Nasional Perpustakaan Kota Gelar Ragam Kegiatan untuk Anak

Ngampilan – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (DPK) memberikan kesempatan bagi pelajar SD hingga SMP untuk ikut terlibat dalam peringatan Hari Anak Nasional dengan beragam kegiatan mulai tanggal 11 hingga 27 Juli 2024.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan kehadiran perpustakaan punya peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak di Kota Yogyakarta. Khususnya untuk pengembangan kegemaran membaca dan pengembangan kreativitas sejak dini.

“Kami telah mengembangkan perpustakaan ramah anak, dengan memberikan fasilitas layanan dan kegiatan yang ramah anak dan bermuara pada peningkatan literasi. Salah satunya dalam menyambut perayaan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dengan rangkaian kegiatan bagi anak usia SD hingga SMP,” katanya pada Kamis (11/7/2024).

Menurutnya peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting, untuk meningkatkan kepedulian dalam menjamin pemenuhan hak anak. Seperti halnya hak anak untuk mendapatkan perlindungan, pendidikan, rekreasi dan bermain, di mana hal tersebut menjadi bagian dari apa yang selama ini telah diimplementasikan di lingkungan Perpustakaan Kota Yogyakarta.

“Layanan dan aktivitas berbasis anak di Perpustakaan Kota Yogyakarta dilaksanakan secara rutin maupun insidental pada perayaan tertentu. Secara khusus untuk memperingati Hari Anak Nasional 2024 kami adakan kegiatan Seni Menggambar dan Melukis, Kreasi Pemanfaatan Limbah Botol dan Karton, Public Speaking untuk Pemula, Wisata Literasi dan Story Telling Anak,” ujarnya.

Pihaknya menambakan, rangkaian peringatan Hari Anak Nasional diharapkan mampu meningkatkan kunjungan anak ataupun pemustakan anak di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Diiringi dengan meningkatnya kegemaran membaca dan kreativitas anak, melalui pemanfaatan layanan dan kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Secara lengkap rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2024 di Perpustakaan Kota Yogyakarta yaitu pada tanggal 18 Juli berupa Kegiatan Seni Menggambar dan Melukis (Segaris) untuk siswa SD/MI bisa daftar di https://bit.ly/segaris_juli24. Kemudian 12 dan 19 Juli Layanan Zona Anak di Perpustakaan Pevita yang berisi Read Aloud dan Bookish Play Pemanfaatan Limbah Botol dan Karton Bekas untuk Pemustaka Anak.

Selanjutnya pada tanggal 13 dan 20 Juli berupa kegiatan Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta (Saskia) dengan tema “Public Speaking untuk Pemula” bagi siswa SMP/MTS bisa mendaftar di https://bit.ly/SASKIA_JULI24. Kemudian tanggal 23 sampai 25 Juli Wisata Literasi (Talita) dengan tema Explore Fun Library untuk siswa SD/MI dan SMP/MTS serta tanggal 27 Juli Story Telling Anak Online (Starla) dengan tema Stop Bullying yang bisa disaksikan secara online di kanal Youtube Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Kegiatan seni menggambar dan melukis di Perpustakaan Pevita Yogyakarta.

Salah satu instruktur acara tersebut, Ria Dyan Rahayu mengatakan, kegiatan Segaris yang menjadi bagian dari rangaian peringatan Hari Anak Nasional akan mengangkat materi basic shape. Teknik ini dianggap penting untuk mendukung pemahaman teknik dasar menggambar atau melukis bagi anak-anak.

"Basic shape bisa diartikan sebagai bentuk dasar yang digunakan dalam menggambar maupun melukis. Bentuk dasar ini bisa berupa persegi, lingkaran, oval dan segitiga. Dengan basic shape, bentuk-bentuk dasar yang dibuat dapat dikombinasikan dan menghasilkan objek utama yang lebih kompleks," bebernya.

Ria menjelaskan nantinya perserta akan diajak praktik membentuk objek balon udara. Balon udara ini memiliki filosofi akan membawa harapan cita-cita yang diimpikan anak-anak.

"Untuk kelas 1-3 SD sudah disiapkan bentuknya, anak-anak tinggal melukis pakai cat acrylic. Sedangkan untuk kelas 4-6 SD telah disiapkan kerangka besar, selanjutnya mereka mengeksplorasi bentuk dasar lainnya," jelasnya.

Menurutnya materi ini sangat penting karena dapat meningkatkan kemampuan motorik anak sembari mengenalkan dunia perpustakaan sebagai wahana edukasi dan rekreasi dengan lebih dekat.

"Kegiatan Segaris tidak hanya mewarnai tetapi juga menggenalkan anak paham teknik dalam menggambar dan mewarnai," imbuhnya.

Selengkapnya dapat menghubungi ke nomor whatsapp 0812 2721 7877 (Murhayati). (Han/Jul)