Fashion Show Ibu-ibu Meriahkan Kotagede Mencari Bakat

Kotagede-Kemantren Kotagede kembali menggelar Kotagede Mencari Bakat (KMB). Acara yang di gelar di halaman Kamantren Kotagede ini diikuti oleh 69 peserta.

Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif mengatakan event KMB adalah wujud komitmen dan apresiasi jajaran Kemantren Kotagede dalam mendukung kesenian dan budaya masyarakat di wilayah tersebut.

"Ini juga untuk menggali berbagai potensi warga. Event ini merupakan event tahunan. Tahun ini merupakan tahun yang ke 9," katanya saat membuka acara tersebut, Jumat Malam (12/7/2024).

Komaru mengungkapkan dalam event ini terdapat beberapa cabang yakni tari, musik, serta fashion show. Untuk cabang tari dan musik dibagi menjadi dua kategori yakni kategori anak-anak dan kategori umum.

"Ada yang baru pada tahun ini yakni lomba fashion show khusus untuk ibu-ibu dengan tema Kotagede Berkebaya. Seluruhnya dinilai dan dilombakan," bebernya. 

Para pemenang lomba nantinya akan mendapatkan trophy dan total hadiah mencapai Rp.15.000.000.

"Untuk juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.500.000 sedangkan juara kedua dan ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.000.000 dan Rp.500.000," ungkapnya.

Salah satu peserta fashion show dalam acara Kotagede Mencari Bakat.

Selain pertunjukan seni dan budaya, puluhan stand UMKM juga turut memeriahkan gelaran tersebut. Ada berbagai produk UMKM yang tersedia mulai dari kerajinaan, kuliner, hingga produk fashion seperti batik, blangkon, dan baju lukis karya masyarakat Kotagede.

"Kami juga turut mengundang gabungan kelompok tani (gapoktan) di wilayah Kotagede untuk menampilkan hasil tani mereka," imbuhnya.

Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif saat membuka event Kotagede Mencari Bakat ke 9.

Dengan adanya acara tersebut ia berharap seni dan budaya di Kotagede dapat terus di lestarikan. "Karena Kotagede adalah pusatnya seni dan budaya, kalau bukan kota siapa lagi yang nguri-nguri. Semoga dengan acara ini juga dapat menambah kekompakan masyarakat," harapnya. (Han)