Kotagede Mencari Bakat Tumbuhkan Kecintaan Seni Budaya

Kotagede-Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto resmi menutup gelaran Kotagede Mencari Bakat (KMB) ke 9. Pihaknya pun sangat mengapresiasi event tersebut.

Menurutnya kegiatan ini dapat memberikan ruang ekspresi khususnya untuk anak-anak agar mereka memiliki rasa kecintaan pada seni budaya yang harapannya bisa terus dilestarikan, dikembangkan, serta dimanfaatkan hingga waktu yang akan datang.

Selain itu, lanjutnya, juga dapat menjadi ajang kompetisi, promosi potensi budaya dan seni, serta pengembangan ekspresi bakat segenap masyarakat Kemantren Kotagede.

"Hakekatnya acara ini adalah sebagai upaya pembinaan, penggalian potensi, serta pengembangan potensi kesenian seluruh masyarakat," bebernya di Kemantren Kotagede, Sabtu malam (13/7/2024).

Sugeng menyatakan KMB juga menguatkan Kota Yogya sebagai city of festival. Mengingat sepanjang tahun banyak festival digelar di kota Yogya seperti seni, budaya, edukasi, dan olahraga.

Penampilan peserta pada ajang Kotagede Mencari Bakat ke 9.

"Ini bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya untuk mempromosikan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Yogya khususnya wilayah Kotagede," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Sugeng menyempatkan mengunjungi puluhan stand UMKM yang ada di area tersebut. Usai meninjau, pihaknya mengaku produk-produk UMKM Kemantren Kotagede berkualitas bagus.

"Potensi UMKM di Kotagede ini sangat besar untuk bisa naik kelas. Dengan ditopang melalui sektor pariwisata, ceruk pasar yang menanti sangat luas dan cukup beragam," jelasnya.

Sugeng berharap dengan acara tersebut segala potensi yang dimiliki Kemantren Kotagede menjadi semakin berkualitas baik potensi ekonomi, budaya, dan pariwisatanya.

"Selain itu acara ini juga mampu mendukung pengembangan potensi dan promosi UMKM, serta memberikan manfaat benefit bagi peningkatan pendapatan para pelaku UMKM," katanya.

Penampilan fashion show pada ajang Kotagede Mencari Bakat ke 9.

Event yang telah berlangsung sejak Jumat 12 Juli 2024 ini menyita perhatian warga. Ini dibuktikn dengan banyaknya warga yang memadati dan memeriahkan acara tersebut.

Sementara itu Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif mengatakan dalam event ini terdapat beberapa kategori yang dilombakan yakni tari, musik, serta fashion show. 

"Semoga KMB dapat terus diadakan tiap tahunnya. Event ini dari dan untuk masyarakat Kotagede," katanya.

Untuk juara pertama kategori musik anak dimenangkan oleh Nayla Azmya Ayunadia, juara kedua diraih Adimas Alby Ersani Widyaputra, juara ketiga di menangkan Syaquila Ravabia Fakhurriza.

Kategori Tari Anak juara pertama di raih oleh Sanggar Manukberi dengan tari suko parisuko, juara kedua di raih oleh Anindya Srikandi Kemuning dengan tari agguk jos, dan juara ketiga diraih oleh Mafiqo Latief Rafa Ilham.

Kategori Tari Umum, juara pertama diraih oleh Sanggar Anglocita, sementara juara kedua dan ketiga diraih Sanggar Tari Argodumilah dan Sanggar Srikandi Kemuning.

Kategori menyanyi umum, untuk juara pertama diraih Teresia Karin Dahayu, juara kedua diraih Theresia Nugraheni Hanantyasari, juara ketiga diraih Dyah Ayu Kartika Sari.

Sementara untuk kategori fashion show, juara pertama diraih Dwi Handayani Rahayu, juara kedua diraih Andan Wismayawati, dan juara ketiga diraih Wulandari.

Juara pertama pada ajang tersebut mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.500.000, juara kedua dan ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.000.000 dan Rp.500.000. Semua kstegori nominalnya sama. (Han)