APSAI Kota Yogya Siapkan Program dan Dukungan Pemenuhan Hak Anak

Tegalrejo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya bersama 17 perusahaan di Kota Yogya yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) berkomitmen mendukung pemenuhan hak-hak anak. 

Menurut Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto sinergi antara Pemkot dengan APSAI Kota Yogya adalah kunci keberhasilan dalam mewujudkan Kota Yogya sebagai kota yang layak anak. 

"Kerjasama yang baik ini akan memastikan bahwa hak-hak anak dapat terpenuhi dengan baik," bebernya saat membuka focus group discussion (fgd) APSAI di Tara Hotel, Rabu, (17/7/2024).

Pihaknya pun sangat mengapresiasi inisiatif APSAI Kota Yogya yang telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan sahabat anak dengan menciptakan lingkungan kerja yang ramah anak, menyediakan fasilitas yang mendukung kesejahteraan anak karyawan, serta ikut aktif dalam kegiatan yang mendukung hak-hak anak.

"Ini sangat luar biasa karena pemenuhan hak-hak anak bukan hanya tugas pemerintah saja, namun juga tugas kita semua. Ini juga sebuah bentuk investasi jangka panjang yang sangat berharga," bebernya.

Sugeng berharap agar seluruh anggota APSAI dapat terus berinovasi dalam menciptakan program-program yang mendukung kesejahteraan anak. 

Sementara itu Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Kota Yogya, Sarmin mengatakan selama ini seluruh anggota APSAI telah memiliki berbagai program yang berkaitan dengan dukungan terhadap pemenuhan hak anak.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto bersama Forum Anak Yogyakarta.

Misalnya Gembira Loka Zoo dengan program pembelajaran luar sekolah di GL ZOO dan program satwa masuk sekolah. PT Gardena Graha dengan Fasilitas ramah anak di lokasi perbelanjaan.

"Ada juga Bakpia Jogkem dengan pembuatan sabun cuci piring dan pelatihan pembuatan bakpia untuk anak-anak dan masih banyak lagi upaya APSAI dalam mendukung hak-hak anak," ungkapnya.

Ketua umum APSAI Kota Yogya, Kosim Junaedi yang juga merupakan Direktur Utama Perumda BPR Bank Jogja menuturkan pihaknya siap mendukung Pemkot Yogya dalam mendukung pemenuhan hak anak.

"Kami siap mendukung Pemkot Yogya dalam pemenuhan hak anak. Bank Jogja sendiri memiliki program untuk mendukung pemenuhan hak anak seperti adanya program beasiswa dan simpanan pelajar, kami juga rutin menggelar khitanan massal," jelasnya. (Han)